Ajang IAA 2017 Jerman didominasi oleh konsep-konsep mobil listrik!

Pabrikan-pabrikan mobil dunia mulai menyadari akan semakin bersaingnya keberadaan mobil listrik. Ramah terhadap lingkungan dan semangat ikut menanggulangi perubahan iklim global menjadi alasan paling kuat dalam hal ini. Tak hanya itu, sebagian negara-negara di dunia yang sudah mengambil ancang-ancang untuk melarang peredaran mobil berbahan bakar fosil, juga menjadi sinyal positif untuk menyegerakan pemroduksian masal mobil-mobil listrik. Sepertinya, mereka sudah siap bersaing dengan Tesla!

Dalam ajang International Motor Show (IAA) ke 67 yang dihelat sejak 14 hingga 24 September 2017 ini di Jerman, pabrikan-pabrikan mobil ternama mulai berani memamerkan konsep mobil listrik racikan mereka. Berikut di antaranya:

BMW i Vision Dynamics electric concept car
Di pameran mobil Frankfurt ini, BMW memamerkan koleksi terbaru untuk seri i-nya: mobil konsep coupe four-door i Vision Dynamics. Dengan kecepatan tertinggi 200 kilometer per jam dan peluncuran nol hingga 100 kilometer per jam hanya dalam empat detik. Ia berada tepat di antara si gembil i3 dan si mobil super i8.

Konsep BMW i Vision merupakan sebuah misi untuk menghadirkan mobil-mobil listrik dan hybrid ke pasar dunia. “Prioritas utama kita adalah sistem transportasi listrik,” demikian ungkap CEO BMW Harald Krueger. BMW memang mencanangkan akan memiliki 25 tipe kendaraan listrik di tahun 2025, termasuk 12 diantaranya adalah mobil listrik murni.

The Crozz by Volkswagen
Crozz dikabarkan akan menjadi yang pertama dari mobil listrik VW yang akan ditawarkan untuk dijual di pasar AS. Sementara itu, mobil empat pintu ini harus menjadi yang pertama diproduksi untuk dijual secara internasional. Ini adalah langkah cerdas VW, mengingat pasar SUV/crossover di Amerika Serikat terus berkembang sementara penjualan kendaraan penumpang reguler cenderung rata atau bahkan turun.

Mobil all-wheel-drive berpenggerak dua motor listrik ini, akan memiliki jangkauan 500 km dan output tenaga 302dk. Mobil ini dapat mengisi daya hingga 80 persen dalam waktu hanya 30 menit melalui charger cepat 150kW DC.

Mobil Listrik Mini
Mungkin mobil listrik ini adalah yang paling imut di antara mobil-mobil yang lain. Konsep desain khas Mini tampak jelas dipertahankan di mobil ini. Tidak ada keterangan jelas bagaimana spesifikasi komplit mobil ini, namun Mini memastikan bahwa mobil ini akan diproduksi masal di tahun 2019.

Mobil Listrik Honda
Honda tak mau kalah! Mereka juga memamerkan sebuah konsep mobil listrik imut di ajang ini. Mobil listrik berpenumpang empat orang ini memiliki bentuk imut, yang mengingatkan saya akan Honda Civic klasik lansiran tahun ’70-an. Sekalipun kelihatan seperti ingin mengikuti Mini dengan mempertahankan bentuk ciri khas Honda, namun fitur-fitur di dalam mobil ini nampak sangat futuristik.

Porsche Mission E
Pabrikan supercar mewah Porsche tak mau ketinggalan. Mereka mengumumkan mobil listrik konsep mereka dengan tajuk Porsche Mission E. Mobil ini memiliki empat pintu dengan penggerak murni tenaga listrik. CEO Porsche Oliver Blume mengungkapkan mobil ini akan siap dipasarkan di akhir tahun 2019 dengan harga yang tak akan jauh dengan Porsche Panamera (sekitar 1,3 Miliar Rupiah).


Mercedes-AMG Project One
Semakin banyak pabrikan supercar yang siap menggunakan motor listrik untuk melahirkan supercar baru. Mercedes-Benz tidak akan ketinggalan. Dalam ajang yang sama, mereka memperkenalkan Mercedes-AMG Project One yang memiliki daya 1000 tenaga kuda. Gila! Kendaraan itu dibuat dengan kerjasama Mercedes-AMG High Performance Powertrains dan tim Mercedes-AMG Petronas Motorsport Formula One.

IMG_2679

Mobil super ini memiliki kecepatan puncak 350 km/jam dengan dapur pacu mesin gas V6 1,6 liter, plus empat motor listrik. Lebih mencengangkan lagi, mobil ini mampu melesat dari nol hingga 200 km/jam tak sampai 6 detik (wow!). Satu kelemahan mobil hybrid ini adalah jangkauan baterai listriknya yang hanya mampu menempuh 25 kilometer saja. Tapi siapa yang butuh hal tersebut jika pemilik mobil ini ingin merasakan sensasi terbang di jalanan aspal?!

Credit: Engadget, CNet

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply