Android Beta, untuk yang ingin merasakan Android N lebih awal!

Para penggemar smartphone Android, khususnya yang hobi mengutak-atik software ponselnya tentu sangat ingin selalu update dengan software rilis terbaru, bahkan meski itu masih tahap preview. Selama ini yang kita kenal adalah dengan cara flash offline mengguakan factory image yang didownload dari Google. Cara flash-nya pun tidak semua orang bisa mengerti, karena dibutuhkan keahlian khusus, terutama untuk tahap awal yaitu melakukan unlock bootloader, install fastboot, sampai pada perintah eksekusi flash melalui command prompt.

 photo 37ED207B-15D4-4899-A9D7-0142D06D1769.png

Menangggapi hal ini Google ingin mempermudah penggemar secara umum dan mempermudah juga developer untuk mancoba versi pre-rilis atau preview dari versi Android terbaru yang akan segera diperkenalkan di ahir tahun ini. Versi tersebut adalah Android N, yang penamaannya belum diuangkap oleh Google. Program khusus yang ditawarkan Google ini dinamakan Android Beta, yaitu sebuah program baru untuk memudahkan proses dalam mencoba sebuah software baru yang masih preview. Dengan program ini tak perlu lagi menjalankan tahapan-tahapan yang rumit seperti di atas. Program ini sebenarnya bukan hal baru, karena Apple dan Windows telah melakukan dalam divisi mobile-nya, sehingga member yang terdaftar akan mendapat update OTA untuk versi iOS yang akan dirilis, dalam hal ini tentu masih beta version, belum versi stabil yang dirilis ke user secara global. Begitupun dengan Windows Mobile juga menerapkan Windows Insider, dengan menginstall aplikasi ini di ponsel Windows phone, serta melakukan registrasi ponselnya ke insider member, maka ponselnya akan menerima update versi OS terbaru yang akan dirilis, dalam hal ini sering dinamakan sebagai versi Developer Preview.

 photo 2057AFDA-0646-48A7-BA94-5A64B4621725.png

Google juga menerapkan hal yang sama, pengguna cukup melakukan login dan register menggunakan akun gmail yang digunakan pada smartphone miliknya. Setelah itu otomatis dalam kurun waktu kurang dari 24 jam maka akan diterima notifikasi update Android N yang bisa diunduh secara OTA. Perlu diingat karena ini update ke Android N versi preview yang belum stabil, maka ditekankan bukan untuk pegguna awam dan bukan untuk dipakai sehari-hari. Disamping itu proses upgrade juga akan menghapus semua data di ponsel anda. Jika merasa bahwa rasa penasaran telah terpenuhi dan ingin kembali ke Android terdahulu, Anda bisa memilih untuk keluar dari Android Beta via online, dan nantinya bakal mendapatkan notifikasi OTA baru untuk mengunduh ROM dengan Android versi terbaru yang stabil untuk ponsel anda saat ini.

 photo 0FD37F81-336B-498A-BE5C-8B53A13F8EA2.jpg

Saat ini untuk sementara perangkat yang bisa mengikuti program Android Beta adalah:

  • Nexus 6
  • Nexus 5X
  • Nexus 6P
  • Nexus 9 (LTE)
  • Pixel C
  • Nexus Player

Ingin mencoba Android N sekarang juga, ikuti langkah berikut:

  1. Pastikan ponsel anda masuk dlam kategory list untuk ponsel yang diijinkan Google mengikuti program Android Beta
  2. Lakukan registrasi dengan akun gmail sesuai yang dipakai di ponsel anda ke alamat berikut g.co/androidbeta
  3. Saat pertama masuk situs maka akan diminta login dengan gmail, memilih ponsel yang dipakai untuk Android Beta, dan diminta untuk Terms & Conditions, jika telah yakin tap Agree dan Join Beta
  4. Tunggu beberapa saat, atau bis alangsung di cek pada Setting – about – software update, maka update OTA akan anda terima untuk preview Android N.

 photo 9CFF83AB-76C1-4815-8AE4-EFBB451B3CFD.png

Ingat semua yang Anda lakukan adalah mengandung resiko, terutama kehilangan semua data yang ada di ponsel Anda. Pastikan Anda mengerti atas apa yang anda lakukan!

Credit: GSMarena, PCAdvisor

Post Author: Andri Eko

Seorang anak manusia yang menyukai perkembangan teknologi otomotif dan gadget.

Leave a Reply