Apakah gaya gravitasi dapat dikendalikan? Sepertinya iya!

Kita semua tentu telah mengetahui apa itu gaya gravitasi, setidaknya mengenai definisi dasar dan sederhananya. Gaya gravitasi adalah gaya yang memungkinkan kita untuk menapak di permukaan tanah. Namun apakah gaya gravitasi dapat kita kendalikan? Hal ini sekilas tidak masuk akal, mengingat setiap planet memiliki gaya gravitasinya sendiri yang besarnya sangat berkaitan dengan massanya. Namun tahukah kamu bahwa baru-baru ini ada seorang profesor dari Namur University yang berpendapat bahwa gaya gravitasi dapat dikendalikan! Profesor itu bernama Andre Fuzla. Prof. Fuzla mengusulkan bahwa gaya tepatnya medan gravitasi dapat diciptakan dan dikendalikan melalui pemanfaatan medan magnet!

Beberapa tahun belakangan ini, para ilmuwan tengah getol-getolnya mempelajari medan gravitasi pasif. Mereka mencoba mengamati medan gravitasi yang dihasilkan oleh material dengan massa inersia besar seperti bumi, planet-planet, dan bintang-bintang. Mereka pada dasarnya merasa frustasi karena mereka tidak bisa mengendalikannya, seperti ketika mereka mengendalikan medan magnet. Nah, Prof. Fulza mengusulkan ide revolusioner yang selama ini tidak pernah terpikirkan! Beliau mencoba menawarkan pendekatan revolusioner untuk menciptakan medan gravitasi dari medan magnet dimana medan gravitasi ciptaan tersebut dapat dikendalikan. Dengan mengendalikan medan gravitasi ciptaan ini, Prof. Fulza optimis bahwa timnya dapat menekuk waktu!

Usulan revolusioner profesor ini tentunya bukan sekedar usulan tanpa makna. Usulan ini disertai dengan pembuktian matematis dan sebuah perangkat untuk menciptakan medan gravitasi. Perangkat revolusioner ini didasarkan pada superkonduktor elektromagnetik. Hayo, pasti sebagian dari kalian belum mengetahui apa yang dimaksud dengan superkonduktor elektromagnetik. Yuk mari kita simak penjelasan di bawah ini!

Superkonduktor Elektromagnetik

Elektromagnetik sebenarnya adalah penggabungan antara listrik dan medan magnet. Begitu kita mengalirkan arus listrik melalui sepotong kawat, maka di saat yang sama kita telah menciptakan medan magnet. Listrik dan magnet adalah dua hal yang tidak terpisahkan, kecuali pada beberapa kasus yang melibatkan apa yang disebut dengan Efek Meissner. Efek Meissner adalah efek dari superkonduktor tertentu yang mampu meniadakan medan magnet sampai pada batas tertentu.

Superkonduktor berasal dari dua kata; super dan konduktor. Super berarti lebih dari yang lain/biasa, sedangkan konduktor berkaitan dengan sifat logam yang mampu menghantarkan listrik. Superkonduktor sangat berkaitan dengan logam-logam tertentu yang memiliki kemampuan super untuk menghantarkan arus listrik. Nah, karena arus listrik berkaitan erat dengan medan magnet maka logam-logam superkonduktor memiliki pengaruh kuat pada medan magnet. Pengaruh kuat yang dimaksud adalah kekuatan untuk menahan daya tarik magnet. Kamu pasti tahu bahwa kamu dapat menarik logam besi dengan magnet, tentunya dengan ukuran-ukuran tertentu. Tapi ada logam-logam tertentu yang mampu menahan daya tarik magnet sehingga jika kita mendekatkannya pada magnet, logam itu tertarik juga namun di satu sisi, melayang dan membentuk jarak tertentu dari magnet. Penerapan prinsip superkonduktor paling mutakhir adalah pada teknologi kereta peluru dengan teknologi Magnetik-levitasi. Kereta-kereta peluru semacam ini dirancang untuk tidak menempel langsung pada rel sehingga mampu meminimalisir gesekan pada rel ketika mereka bergerak.

Proposal Profesor Fulza

Prof. Fulza menegaskan melalui percobaannya bahwa medan gravitasi dapat dibuat dengan medan magnet. Nah, medan gravitasi yang diciptakan mampu dikontrol dan dengan begitu para ilmuwan dapat memperoleh suatu “laboratorium mini” untuk melakukan eksperimen-eksperimen yang berkaitan dengan waktu. Prof. Fulza memimpikan bahwa ekperimen-eksperimen selanjutnya akan diarahkan pada pembengkokan waktu. Mungkin dengan eksperimen revolusionernya ini kita dapat mengaplikasikan prinsip-prinsip dasar mesin waktu dalam suatu percobaan nyata. Who knows?

Credit: Science DailyApa itu Superkonduktor?Forum Sains.

Post Author: Todo Golo

Penulis profesional di bidang sains dan teknologi.

6 thoughts on “Apakah gaya gravitasi dapat dikendalikan? Sepertinya iya!

  • fajar

    (January 15, 2016 - 3:09 pm)

    apa hubungan pengendalian medan magnet dengan penekukan waktu?

    • Onny

      (January 16, 2016 - 1:39 am)

      Berdasarkan teori Maxwell (silahkan buka link berikut), bahwa secara teori, nilai percepatan gravitasi itu tidak tetap, ia bergantung dengan kondisi ruang dan waktu. Jadi, masih secara teori, kalau gravitasi dapat dikendalikan, maka ruang dan waktupun juga dapat dibengkokkan.

      • indra

        (January 28, 2016 - 9:41 am)

        itu tidaklah masuk akal, tk ada hubungan grfitasi, rotasi atau apalah dengan waktu, kalau yng mereka saungka waktu itu jam, hari, dn tahun mereka salah. sejatinya waktu yng seperti itu hanyalah karena di dunia, waktu yng sebenarnya adalah masa. apa bedanya hari ini dengan smealam atau besok? itu tidaklain hanya karena adnya perputaran bumi dan matahari. jadi sekarang dengan 1000 tahun yang lalu itu tidak berbeda, karena yng berubah itu hanya siklus hidup, morfoloi dan dinamika, contoh anda berumur 7 tahun bisa di mundurkan menjadi 3 tahun atau di masukan ke perut lagi, tidk bisa, morfologi ada perubahan relatif dn ada yng absolut, yng relati seperti orng 8 tahun bisa cepat besar sebesar orng 10 atau 11 tahun seperti itu. tpi yng absolut kita tk bisa memanipulasi waktunya. jadi ingatwaktu sebenarnya bukanlah jam, hari atau tahun. karena sejatinya meski matahari tidak ada ataupun jauh, Mmasa tetap terus berjalan. jdi tidk ada yng mungkin untuk masalah waktu, mski sayaypun termasuk penggiat teknology. ingatkita punya ajaran yang benar lagi lurus dan itulah kebenaran yang paling sejati.

  • Hadhiken

    (March 6, 2016 - 10:18 pm)

    waktu yang dimaksud kan di sini mungkin tentang siang dan malam, jika gravitasi dapat dikendalikan, dan mengurangi sedikit rotasi bumi, maka proses siang-malam dapat di belokkan, dan untuk makluk hidup yg memerlukan cahaya untuk fotosintesis dll akan dpat diperpanjang/di kurangi waktunya.
    tidak mungkin menghentikan waktu, tapi masih bisa memanfaatkan proses dari waktu tersebut.

  • Rahman Sutomo

    (October 11, 2016 - 10:11 am)

    kalo bukan ahli nya yang langsung ngomong, memang susah dipercaya

  • Rahman Sutomo

    (October 11, 2016 - 10:13 am)

    dan kalo bukan ahlinya yang menanggapi memang sulit untuk memahaminya

Leave a Reply