“Apple Ring”, apakah ini akan menjadi produk Apple selanjutnya setelah Apple Watch?

Device Apple selalu dikenal dengan desain yang elegan, simpel dan bersih dari tombol tombol yang tidak terlalu penting. Belum lama gaung dari Apple Watch yang baru saja dirilis tahun ini, kita dikejutkan akan konsep wearable device terbaru dari Apple, yaitu Apple Ring. Yah benar, Apple Ring adalah design perangkat canggih terbaru dari Apple yang akan disematkan di jari kita.

 photo apple-ring_zpsxgshbm8o.jpg
 

Dikutip dari International Business Times, Apple telah mematenkan perangkat elektronik dengan nama Apple Ring pada tanggal 1 April 2015 atas nama Marcos Regis Vescovi dan Marcel Van Os sebagai dua orang penemunya. Dijelaskan dalam paten yang baru saja dipublikasikan di U.S. Patent dan Trademark Office Thursday, dengan judul “Devices and Methods for a Ring Computing Device,” Apple Ring menjadi perangkat komputer mini dengan layar sentuh yang bisa dioperasikan via suara, gerakan, dan sentuhan untuk mengendalikan perangkat dengan layar lebih besar, misal iPhone atau iPad dengan koneksi wireless.

 photo apple-ring-2_zpsanfl3w7y.png
 

Di dalam Apple Ring tersemat sejumlah teknologi canggih seperti mikrofon, sensor gerakan, efek getar, sensor biometrik, kamera, baterai yang dapat diisi ulang, dan layar sentuh dengan ukuran yang sangat kecil. Apple Ring juga dapat digunakan untuk menggambar rangkaian huruf di layar sentuh mini nya untuk kemudian dikirimkan ke perangkat eksternal seperti iPhone. Sensor biometrik yang dimiliki Apple Ring juga memungkinkan perangkat tersebut berfungsi layaknya Touch ID sebagai otentifikasi pengguna dan otorisasi pembayaran layanan Apple Pay.

 photo apple-ring-2_0_zpsmio9cmat.png
 

Apple Ring berpotensi juga sebagai perangkat notifikasi, seperti pada Apple Watch, dengan notifikasi dan getar apabila terdapat telefon, sms ataupun notifikasi lainnya sesuai dengan pengaturan yang dilakukan. Beberapa sensor dan interaksi yang disediakan bisa digunakan untuk sensor gerak, ataupun alat deteksi fitnes, control untuk kamera dan masih banyak potensi lainnya yang bisa dikembangkan.

Paten dari Apple Ring sepertinya memberikan gambaran inovasi Apple di masa depan. Akan tetapi belum ada informasi bagaimana wujud desain dan kapan perangkat wearable tersebut bakal diluncurkan. Apakah kamu tertarik dengan Apple Ring? Apalagi jika telah dirilis, mungkin bisa dikustomisasi sebagai cicin pernikahan, sepertinya menarik.
 

Credit: International Business Times

Post Author: Andri Eko

Seorang anak manusia yang menyukai perkembangan teknologi otomotif dan gadget.

Leave a Reply