AWAS! Flashdisk Penghancur PC!

Flashdisk menjadi perangkat yang sangat familiar saat ini, sebagai media penyimpan data yang sangat portabel, flashdisk menyediakan mobilitas dan efisiensi dalam penggunaan. Perkenalkan Dark Purple, sebuah flashdisk unik buatan tim peneliti dari Rusia. Keunikan flashdisk ini bukan karena bentuk, model ataupun kapasitasnya, melainkan karena ancaman kegunaanya. Ya, flashdisk ini sangat berbahaya karena dapat menjadikan komputer kita, baik itu PC maupun laptop mengalami kerusakan permanen alias tidak akan bisa dipakai lagi.

 photo dark-purple_zpszcbht6ku.jpg

Dark Purple akan merusak motherboard komputer kita, sehingga tidak bisa dipakai sama sekali. Untungnya –kalau bisa dibilang begitu– kerusakana ini hanya menyerang motherboard saja. Jadi dengan mengganti motherboard, komputer pun akan kembali normal tanpa mengganggu data di dalam harddisk. Tetapi untuk mengganti motherboard tentu bukan perkara mudah dan murah bukan? Terutama pada laptop.

Ada apa dengan Flashdisk ini, sehingga begitu ganasnya bisa mematikan atau merusak komputer kita? Ternyata dari dalam flashdisk ini mengalir arus yang tinggi sebesar 220 volt, mirip dengan tegangan rumahan. Arus ini dialirkan melalui jalur USB sehingga dapat langsung merusak motherboard dan komputer pun tak dapat digunakan lagi. Tegangan 220 volt ini dihasilkan dari konversi tegangan masukan 5 volt menjadi 220 volt, mirip dengan sistem rangkaian inverter, 12 Volt masukan berubah menjadi 220/240 Volt keluaran. Wah benar-benar canggih ya, dengan chip sekecil itu bisa menghasilkan tegangan yang cukup besar!

 photo fd berbahaya-min_zpsu6ndfb4o.jpg

Dalam sebuah video, mereka menunjukkan bagaimana sebuah laptop IBM Thinkpad yang langsung mati, sesaat setelah flashdisk ini ditancapkan ke USB port-nya. Tim peneliti juga mengklaim, serangan ini tidak cuma untuk komputer desktop atau notebook, namun semua perangkat yang memiliki koneksi USB seperti Smart TV, monitor LCD, smartphone atau bahkan head unit mobil.

 

Jadi mulai sekarang, kita harus ekstra hati-hati dalam memilih dan menancapkan flashdisk ke perangkat gadget kita, termasuk ke laptop atau PC di rumah. Tentu kita tidak mau gadget kita akan rusak seketika saat dicolokin flashdisk seperti Dark Purple ini.

 

Referensi: independent

Post Author: Andri Eko

Seorang anak manusia yang menyukai perkembangan teknologi otomotif dan gadget.

Leave a Reply