Perkenalkan Branto! Asisten Keamanan Rumah Pintar Anda

Bingung bagaimana memantau keadaan rumah ketika sedang mudik atau berpergian ke luar kota bahkan ketika kamu harus meninggalkan rumahmu dalam kegiatan sehari-hari? Jangan khawatir karena semua bisa diserahkan pada Branto! Tetapi apakah itu Branto?

Branto adalah sebuah perangkat keamanan pintar berbentuk bola separuh kaca yang baru-baru ini diciptakan dengan tujuan utama sebagai pelengkap sistem keamanan pada rumah pintar. Apa itu rumah pintar? Rumah pintar adalah penyebutan untuk sebuah rumah yang dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih yang terintegrasi dalam sebuah sistem yang dapat dikendalikan penuh oleh pemilik rumah. Tentunya setiap teknologi canggih yang dicangkokkan memiliki tujuan tersendiri, semisal mengatur pasokan air dari pompa sumur, mengatur suhu rumah (memastikan suhu tetap nyaman bagi setiap penghuni rumah), mengatur pengaktifan sekaligus penonaktifan segala perangkat elektronik, hingga apa yang dibahas dalam artikel ini, keamanan rumah.
 photo IMG_4386.jpg

Bagaimana cara kerja Branto?

Branto atau Branto Orb (disebut “Orb” karena bentuknya bulat) merupakan sebuah perangkat keamanan pintar yang mampu menampilkan real time video atas segala yang terjadi dalam rumah. Branto memiliki keunggulan dibanding perangkat sejenis seperti Netatmo Welcome dan Blacksumac Piper karena bola pintar ini mampu memantau suatu ruangan dalam segala arah (360 derajat). Bola pintar ini mempunyai sebuah sistem komunikasi yang memungkinkan semua kontrolnya dilakukan melalui tablet atau smartphone. Pendek kata, Branto adalah sebuah asisten keamanan pribadi yang dapat kamu kontrol dari jauh dengan menggunakan smartphone. Mengasyikkan bukan?
 photo IMG_4389.jpg

Kira-kira apa yang membuat Branto begitu unggul?

Salah satu keunggulan alat ini yakni kemampuan kameranya untuk berputar secara 360 derajat. Selain itu, Branto memiliki baterai yang memungkinkan bola ini bertahan hingga 12 jam. Dilengkapi dengan baterai berdaya 3.000 mAh, Branto relative unggul dibanding para pesaingnya yang berada dalam rentang harga yang sama.
 photo IMG_4388.jpg

Branto juga dilengkapi dengan memori internal sebesar 16 GB yang dapat diperluas hingga 64 GB menggunakan memory card yang dijual secara terpisah. Dengan memori sebesar ini, kamu tidak perlu lagi merasa khawatir bahwa Brantomu tidak dapat merekam seluruh kejadian dalam rumah ketika kamu sedang bepergian. Branto nampaknya tidak ingin mengulangi kesalahan yang ditimbulkan oleh berbagai perangkat sejenis dimana mereka hanya bisa merekam selama satu hingga empat jam pertama saja.
 photo IMG_4387.jpg

Sesuai rencana, Branto dijual di negara asalnya, Amerika Serikat dengan harga 279 dollar Amerika, yah hampir 4 juta rupiah dengan kurs sekarang. Tentunya harganya bisa mencapai 6 juta-an ketika dijual di Indonesia. Tetapi bagi kamu yang mendambakan rumah pintar dengan keamanan maksimum, saya rasa harga 6 juta rupiah untuk bola canggih ini cukup fair.

Credit: Branto, Gizmag, Geeky Gadgets.

Post Author: Todo Golo

Penulis profesional di bidang sains dan teknologi.

Leave a Reply