Cara Mudah Mencoba Firefox OS 2.5 di Android

Perkembangan Operating System (OS) mobile atau smartphone begitu pesat saat ini, mungkin kita hanya mengenal beberapa saja yang paling populer, yaitu Android dan iOS Apple. Tapi diluar sana masih banyak OS mobile yang dikembangkan untuk mencoba bersaing dengan Android dan iOS.

firefox-os-smartphone-20130225-1

Salah satu potensi tersebut adalah OS mobile bikinan Mozilla Firefox yang dinamakan Firefox OS. Firefox OS untuk smartphone sebenarnya telah cukup lama dikembangkan dan pada rilis kali ini mencapai versi 2.5 dan disebarkan ke publik dalam verisi Developer Preview. Menariknya adalah kita bisa mencoba ekosistem dari Firefox OS 2.5 ke ponsel Android kita tanpa flash system atau tanpa menghapus data apapun di smartphone kita.

Kali ini Firefox OS memakai konsep instalasi slideload di Android, atau hanya sekedar instal file .apk maka Firefox OS siap kita coba tanpa menghapus data system dari ponsel android yang akan kita coba. Firefox OS 2.5 Developer Preview merupakan paket dari launcher lengkap dengan set sistem aplikasi untuk panggilan telepon, pesan, email dan juga app store. Firefox OS 2.5 Developer Preview hanya berukuran 88MB dan bisa di-download secara langsung di website Mozilla.

 photo 58AFFCFA-16AA-4496-8EEC-9BA1297F4701.jpg

Beberapa fitur yang ditawarkan pada Firefox OS 2.5 Developer Preview:

Add-ons: seperti add-ons pada desktop, tetapi hanya bisa menambahkan satu atau beberapa aplikasi, termasuk sistem aplikasi.

Private Browsing dengan Tracking Protection: merupakan fitur privasi baru Firefox, memungkinkan pengguna dapat mengontrol aktivitas browsing yang dapat terlacak di berbagai situs.

Pin the Web: memungkinkan pengguna dapat memasang pin (menandai) pada website atau halaman web pada homescreen.

Anda ingin mencoba? Silahkan mendownload pada link di bawah ini.

Link download Firefox OS 2.5 disini

 

Credit: AndroidCentral

Post Author: Andri Eko

Seorang anak manusia yang menyukai perkembangan teknologi otomotif dan gadget.

Leave a Reply