Chimp: Robot Humanoid untuk Penanggulangan Bencana

Pada 5-6 Juni 2015 mendatang akan dihelat kompetisi robot humanoid di Pomona, California. Bukan sebuah kompetisi robot sembarangan, kompetisi berjudul DARPA Robotics Challenge Finals 2015 ini akan diikuti oleh 25 robot humanoid dari berbagai perusaahan pembuat robot dan bahkan universitas-universitas ternama. Robot-robot tersebut saling berkompetisi untuk membantu manusia dalam menghadapi sebuah situasi bencana. Berbagai rintangan seperti menaiki tangga, menjebol tembok, bahkan mengendarai sebuah kendaraan harus mereka lakukan untuk saling berebut hadiah uang tunai senilai total US$ 3,5 juta. 

 photo FullSizeRender.jpg

Salah satu peserta yakni dari Carnegie Mellon University membuat sebuah robot yang mereka beri nama Chimp. Chimp dilengkapi enam kamera di atas kepalanya sehingga memungkinkan operator memiliki pandangan seluas 360°. Kaki robot ini tidak digunakan untuk melangkah, namun para insinyurnya menggunakan roda yang mirip dengan kendaraan tank. Menariknya, Chimp mampu mengidentifikasi adanya valve melalui kameranya serta mengoperasikan valve tersebut. 

   
“Tantangan terbesar membuat robot humanoid adalah keseimbangan,” ungkap Clark Haynes selaku kepala divisi software. Namun tim engineer mendesain robot ini sehingga ia memiliki keseimbangan statik dan tidak memerlukan algoritma khusus untuk menjaga keseimbangannya. 

Credit: Popsci, DARPA Robotics Challenge.

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply