ClearForce Teknologi Layar Sentuh Xiaomi Mi 5

Beberapa waktu yang lalu telah dihembuskan berita akan pengembangan teknologi dari Synaptics untuk menjawab teknologi 3D Touch yang diperkenalkan Apple melalui iPhone 6s dan 6s Plus. Dalam artikel Teknologi 3D Touch untuk Android telah diulas akan potensi teknologi pengenalan layar sentuh yang dikembangkan oleh Synaptics.

 photo AE621EB1-0FA4-418E-BD58-C0C3BDA8D733.png

Nah rupanya vendor asal Tiongkok yang sedang naik daun saat ini, yaitu Xiaomi akan merilis Xiaomi Mi 5 dengan teknologi ClearForce terbaru dari Synaptics. Ini adalah teknologi yang berkaitan dengan tingkat kepekaan layar saat disentuh, mirip dengan 3D Touch pada iPhone 6s. Artinya, Mi 5 akan memiliki kelebihan lain daripada hanya memperlihatkan foto secara full screen ketika Anda menekan layar dengan tekanan lebih. Bedanya adalah, ClearForce punya dukungan untuk melakukan scrolling, ketika Anda menekan layar bagian bawah, gambar akan melakukan zoom dan panning, kemudian juga bisa digunakan untuk sebuah fungsi pengendali game, membuka atau menyalakan layar, memperlihatkan simbol-simbol pada keyboard, dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

Rumor yang berhembus, Xiaomi Mi 5 akan dipersenjatai oleh prosesor Snapdragon 820 Soc dan  baru mulai diproduksi pada Q1 tahun 2016. Disandingkan dengan RAM 4GB, layar berukuran 5.3” QHD display resolution, dengan asing berbahan metal unibody menjadikan kesan solid dan lebih kuat. Tidak lupa juga disematkannya standar Port terbaru, yaitu USB Type-C yang telah dipakai pada Nexus 5x. Untuk tenaga Xiomi Mi 5 dipercayakan pada battery Lithium Polimer 3030 mAh.

Dengan amunisi teknologi baru, yaitu ClearForce maka flagship Xiaomi terbaru, Mi 5 akan memiliki keuntungan lebih dalam bertarung menghadapi deretan smartphone flagship dari vendor lain di tahun 2016 nanti. Namun Xiaomi tidak sendirian, beberapa vendor juga akan mengimplementasikan teknologi ini pada jajaran smrtphone miliknya. Sebut saja generasi penerus flagship dari Samsung yaitu seri Galaxy S7 juga akan menggunakan teknologi ClearForce dari Synaptics ini.

 

Credit : androidheadline

 

Post Author: Andri Eko

Seorang anak manusia yang menyukai perkembangan teknologi otomotif dan gadget.

Leave a Reply