Cortana: Pesaing Siri, persembahan dari Microsoft!

Cortana adalah jawaban Microsoft untuk Siri. Siri selama ini adalah salah satu hal yang dibangga-banggakan oleh Apple. Siri adalah asisten virtual yang tersedia untuk setiap pengguna iPhone 4s atau versi yang lebih baru, iPad generasi ke-3 atau versi yang lebih baru, iPad mini, dan iPod touch (generasi ke-5). Siri memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan, membuat jadwal pertemuan, dan masih banyak lagi hanya dengan berbicara. Siri akan mengenali suara Anda dan hebatnya lagi, Siri tidak mengharuskan Anda untuk mengingat kata kunci dan menyebutkan perintah tertentu. Siri mengenali suara Anda dan Anda dapat berkomunikasi dengan Siri layaknya berbicara dengan karyawan Anda.

Namun kini nampaknya Siri tidak lagi menjadi satu-satunya asisten virtual populer bagi pengguna smartphone karena Cortana, aplikasi asisten virtual besutan Microsoft telah memasuki gelanggang pada 9 Desember 2015. Cortana dapat didownload di App Store dan Google Play Store. Cortana tersedia untuk Android dan iOS serta perangkat berbasis Microsoft Windows 10. Karena aplikasi ini adalah besutan Microsoft, maka wajar jika Cortana bekerja lebih baik pada perangkat berbasis Microsoft Windows 10. Cortana memungkinkan penggunanya untuk melihat kondisi cuaca terbaru, jadwal pertandingan favorit, dan topic berita favorit. Microsoft berharap dengan ketersediaan Cortana pada platform lain (iOS dan Android), aplikasi ini dapat menjaga kesetiaan orang terhadap PC berbasis Microsoft. Seperti telah kita ketahui, mayoritas pengguna PC di seluruh dunia adalah pengguna layanan Microsoft.

Meskipun Cortana diciptakan sebagai aplikasi lintas platform, namun kinerjanya pada masing-masing platform cukup berbeda dan tidak setara. Cortana versi Android memiliki berbagai kemampuan yang tidak dimiliki oleh Cortana versi iOS. Contohnya adalah kemampuan untuk melihat panggilang telepon masuk pada perangkat berbasis Windows 10. Selain itu pengguna Cortana versi Android dapat mengatakan “Hey Cortana” untuk memulai perintah suara; sesuatu yang tidak ditemui pada Cortana versi iOS.

 photo 9B1BAFBE-387D-4D20-852E-7D370BD5C668.jpg

Karena mayoritas pengguna smartphone adalah pengguna Android maka Microsoft memutuskan untuk melakukan kemitraan yang lebih mendalam pada pengembang versi kustom Android, seperti Cyanogen. Cortana versi Cyanogen mampu untuk melakukan toggling mode jaringan, menghidupkan dan mematikan power smartphone, dan mengaktifkan silent mode hanya dengan berbicara. One Plus One akan menjadi smartphone pertama yang akan mendapatkan fitur-fitur ini pada pertengahan Desember nanti.

Dengan kemunculan Cortana, nampaknya Microsoft mulai beralih strategi. Alih-alih memfokuskan diri bersaing dengan sistem operasi lain, kini mereka justru berusaha membuat sebanyak mungkin aplikasi yang dapat dijalankan di berbagai sistem operasi atau platform lain.

Credit: Arstechnica, Engadget, Wikipedia: Siri.

Post Author: Todo Golo

Penulis profesional di bidang sains dan teknologi.

Leave a Reply