Perkenalkan Curiosity Rover! Penjelajah Daratan Planet Mars Buatan NASA!

Saya yakin Anda semua pasti pernah mendengar, paling tidak sekali, tentang rencana eskpedisi NASA ke Planet Mars. Planet Mars merupakan salah satu planet paling populer dan kerap dihubungkan dengan peradaban alien dalam berbagai komik dan film, misalnya seri Doraemon. Nah, kali ini kita tidak akan membahas tentang peluncuran roket dan pesawat ruang angkasa yang digunakan NASA, melainkan kendaraan darat yang digunakan untuk penjelajahan dan proses eksplorasi permukaan Planet Mars.
image

NASA merancang sebuah kendaraan darat 6 roda yang disebut sebagai Curiosity Rover. Sebuah nama yang pas karena “Curiosity” berarti keingintahuan, sedangkan “Rover” berarti pengelana. “Pengelana atas dasar keingintahuan” menjadi ungkapan yang tepat untuk menggambarkan misi NASA di Planet Mars. Misi ini didasari atas keingintahuan apakah pernah terdapat bentuk kehidupan di Planet Mars dan apakah planet ini adalah cikal bakal kita terkait dengan sebuah teori yang menyatakan bahwa nenek moyang manusia berasal dari planet sekitar, dibawa dalam bentuk sejenis sel tunggal melalui asteroid atau pecahan planet.
Sejauh ini, NASA merupakan badan luar angkasa yang paling maju dalam penjelajahan di Planet Mars dibandingkan dengan badan-badan luar angkasa lain seperti ESA (badan luar angkasa Eropa) dan Roscosmos (milik Rusia). Kelebihan NASA terletak pada penjelajahan darat yang lebih dahulu dilakukan seiring dengan penelitian bebatuan dan kemungkinan jejak air sebagai sumber kehidupan pad sebuah obyek ruang angkasa. 
 photo IMG_2217.jpg

Dalam eksplorasinya, NASA menggunakan berbagai macam wahana, seperti Mars 3, Parasut Beagle 2, Mars Polar Lander, Viking I dan II, hingga Curiosity Rover yang menjadi tema dalam artikel kali ini. Curiosity Rover sangat populer sehingga sebagian orang ingin memilikinya sebagai kendaraan eksplorasi darat. Namun hal ini tidak mungkin diwujudkan karena kendaraan robotik ini menghabiskan dana sekitar 2,5 milyar dollar Amerika atau sekitar 34 triliun rupiah! Siapa yang sanggup membayar harga sebuah Curiosity Rover?

Namun jika Anda adalah penggemar segala hal bertemakan luar angkasa dan fans dari kendaraan robotik ini, Anda mungkin dapat memperkecil kekecewaan Anda dengan membeli miniaturnya. NASA baru-baru ini merilis sebuah miniatur Curiosity Rover yang dapat diletakkan di sebuah meja. Tentu saja miniatur ini tidak dapat melakukan berbagai fungsi Curiosity Rover yang asli, namun paling tidak miniatur ini sangat keren dan dapat menandakan pemiliknya sebagai penggemar luar angkasa sejati. Sejauh ini, miniatur Curiosity Rover hanya dapat disaksikan di British Museum, Metropolitan Museum of Art dan Smithsonian Institution. Kemungkinan besar, para produsen miniatur akan menduplikasi miniatur Curiosity Rover ini dan menjualnya ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Mudah-mudahan!
 photo IMG_2215.jpg

Credit: Popular Science, NASA.

Post Author: Todo Golo

Penulis profesional di bidang sains dan teknologi.

Leave a Reply