Deteksi Dini Kanker Serviks Menggunakan Kamera Smartphone

Saat ini kecanggihan teknologi kamera smartphone sudah tidak perlu kita ragukan lagi. Bahkan beberapa hari yang lalu para dokter peneliti dari Rumah Sakit Umum Massachusetts, Boston, Amerika Serikat merilis sebuah jurnal mengenai sistem diagnosa dini kanker serviks menggunakan kamera smartphone. Dengan bantuan alat tambahan yang dipasangkan pada kamera serta bantuan server, proses deteksi dini kanker serviks dapat dilakukan dengan cepat dan mobile

  

Teknologi ini setidaknya membutuhkan sebuah alat tambahan bernama D3 Imaging Terminal yang dipasangkan pada kamera smartphone, serta sebuah aplikasi tambahan bernama D3 App. Aplikasi tersebut membantu dokter untuk menangkap serta memproses foto sampel, rekonstruksi parameter yang dibutuhkan, menghubungkan hasil foto ke server, dan menampilkan hasil analisa akhir. Data hasil analisa akhir akan disimpan di cloud server untuk dapat dibandingkan dengan hasil analisa selanjutnya. 

  

Teknologi ini tentu sangat memudahkan para dokter yang berpraktek di daerah pelosok yang memiliki keterbatasan sarana laboratorium. Tidak hanya itu saja, faktor harga pemeriksaan yang lebih ekonomis yakni hanya sekitar US$1,80 serta waktu pemeriksaan yang hanya 45 menit menjadi kelebihan dari metode canggih ini. 

Credit: NewScientist
Pdf Journal: Digital diffraction analysis enables low-cost molecular diagnostics on a smartphone

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply