Developer Talks: pertanda kebangkitan penggiat IT di Makassar

Developer Talks, even bulanan yang ditujukan bagi pengembang aplikasi, software, web dan game untuk saling terhubung satu sama lain untuk mempererat tali silaturahmi di antara developer/programmer yang ada di Kota Makassar. Acara ini diinisiasi oleh Leanskill bekerjasama dengan Makassar Creative Network dan startup lainnya di Makassar.

Latar belakang dan tujuan

Melihat antusiasnya peserta Hackathon Makassar pada 28-29 mei 2016 lalu, menginisiasi Fajar Assaad selaku pendiri Leanskill untuk mengadakan Developer Talk. Fajar melihat begitu banyak potensi yang masih perlu dibenahi agar dapat meningkatkan kualitas dan  level keterampilan yang dimiliki para developer lokal di Makassar.

“Developer Talks akan banyak membahas mengenai Tren, Tools, Development, Updates, New Languages dan masih banyak lagi,” jelas Fajar.

 photo 6DFE9D30-8A89-4E02-B818-9AC041C236E2.jpg

Saat ini, isu utama yang berkembang di kalangan para developer lokal di Makassar adalah sulitnya mencari developer lokal sehingga para pelaku startup digital terpaksa merekrut developer dari luar Sulawesi.

Fajar menyebutkan, tujuan diadakannya Developer Talks ini agar korporasi besar seperti Intel, Google dan Microsoft Indonesia dapat membawa program mereka ke Makassar. Karena itu, salah satu agenda Developer Talks adalah menginisiasi Google Developer Group (GDG) chapter Makassar. Acara ini menjadi semacam petisi untuk kemudian diserahkan ke pihak GDG Indonesia guna membawa program tersebut ke Makassar.

 photo 09288C0F-E709-4763-A4CE-4BEDCDDFC1FA.jpg

Developer Talks pertama kali diadakan pada Sabtu, 18 Juni 2016, mulai pukul 14.30-18.00 WIT. Bertempat di  IDC Makassar (Menara Bosowa 6th Floor Jl. Jend. Sudirman No. 5, Kota Makassar, Sulawesi Selatan) dengan agenda utama yakni inisiasi Google Developer Group (GDG) chapter Makassar, inisiasi Android Developer Grup Makassar, sekaligus buka puasa bersama.

Pembicara pada even ini antara lain adalah Hilman Ramadhan (Founder of SekolahKoding.com), Rahmat Ramadhan (Senior Software Engineer di Next-Imagination.com), Idham Assegaf (Founder of X-Gaff Studio), serta moderator Musa Amin, Founder Bitnesia.com.

 photo 243D2175-91F6-4376-9404-2399D12F53B9.jpg

Ke depan meet up bulanan seperti ini akan rutin diadakan setiap bulan agar dapat menunbuhkan minat dan potensi para developer lokal di Makassar. Juga akan dibentuk grup pembelajaran seperti grup android, PHP, UI-Ux, Phyton, dan Ruby. Pembahasan grup tidak hanya membahas  segi pengembangan aplikasi saja namun juga akan diadakan pembelajaran mengenai manajemen project dan produk.

Credit: Event Brite

Post Author: Vivi Alhambra

Leave a Reply