Diameter Planet Pluto Ternyata Lebih Besar dari Perkiraan Para Ilmuwan

Satelit penjelajah New Horizons diluncurkan pada tanggal 19 Januari 2006 oleh NASA untuk menempuh milyaran kilometer ke planet Pluto, planet terjauh dari sistem tata surya kita. Bulan Juli ini New Horizons dijadwalkan berhasil mencapai titik terdekat dengan planet tersebut. Sejak beberapa hari yang lalu satelit penjelajah ini telah beberapa kali mengirimkan foto planet pluto beserta satelit-satelitnya. 

 

Foto Pluto yang Dikirim oleh New Horizons 11 Juli lalu

Satu kabar menarik yang dikirim oleh New Horizons ke Bumi adalah bahwa ukuran diameter Planet Pluto yang selama ini diyakini oleh para ilmuwan yakni sebesar 1185 km ternyata salah. Diameter sebenarnya Pluto adalah sebesar 2371 km, dua kali ukuran yang diprediksi para ilmuwan.

IMG_4182.JPG

Ilustrasi New Horizons saat di dekat Pluto

“Ukuran Pluto sudah diperdebatkan sejak diketemukannya planet ini di tahun 1930. Kami sangat antusias akhirnya perdebatan tersebut dapat berakhir,” ungkap Bill McKinnon salah seorang ilmuwan New Horizons dikutip dari halaman Cnet. NASA mengakui bahwa mengukur diameter Pluto dari Bumi memang sangat sulit, karena planet ini memeiliki sifat kompleksitas rumit pada atmosfernya.

image

Foto Pluto oleh New Horizons dari titik Orbit Terdekatnya

Credit: Cnet, Wikipedia: Pluto

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply