Elon Musk meluncurkan Neuralink, sebuah perusahaan yang akan mengintegrasikan otak manusia dengan kecerdasan buatan!

CEO perusahaan roket SpaceX sekaligus pabrikan mobil listrik mewah Tesla, Elon Musk, kembali melakukan sebuah hal ‘gila’. Dilansir dari The Verge dan The Wall Street Journal, saat ini Musk sedang merintis sebuah perusahaan yang ingin mengintegrasikan otak manusia dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence / AI). Perusahaan yang diberi nama Neuralink ini ingin menciptakan sebuah keping elektronik yang bisa dicangkokkan ke dalam otak manusia, sekaligus menjadi jembatan langsung antara otak manusia dengan komputer. Inovasi ini bertujuan utama tak hanya untuk dapat meningkatkan kemampuan otak, namun juga dapat dijadikan sebagai alat antarmuka langsung antara manusia dengan komputer.

Perusahaan bernama lengkap Neuralink Corp. ini terdaftar sebagai sebuah perusahaan di negara bagian Amerika Serikat, Delaware. Neuralink yang tercatat sebagai sebuah perusahaan riset kesehatan ini menjadi sebuah keseriusan Musk menanggapi pernyataannya sendiri pada saat peluncuran produk Tesla beberapa bulan lalu di Dubai. “Sepanjang waktu saya berpikir mungkin kita akan semakin dekat melihat penggabungan antara kecerdasan biologis dengan kecerdasan digital,” demikian ungkap Musk beberapa bulan lalu di sela-sela peluncuran mobil Tesla yang ia helat di Dubai. “Sebagian besar adalah mengenai jaringan pita lebar, kecepatan koneksi antara otak Anda dengan versi digital diri Anda, terutama mengenai output.”

 photo 9BC3817A-7B00-479A-93D4-F4FB26C39126.jpg
Elon Musk

Musk sebenarnya tidak sendirian. Perusahaan-perusahaan kenamaan lainnya seperti DARPA, Kernel, hingga Facebook juga sedang menjajaki teknologi yang sama. Bahkan sebuah teknologi yang ditawarkan oleh Stanford University School of Medicine sudah mampu mendekati teknologi ini dengan menciptakan sebuah chip implan otak yang berfungsi untuk membantu penderita kelumpuhan berkomunikasi kembali menggunakan bantuan komputer. Teknologi yang pernah kami ulas beberapa waktu lalu ini rupanya memiliki potensi pengembangan yang sangat luas. Hal ini tentu ditandai dengan tekad Elon Musk membangun Neuralink.

 photo 0684EB33-7A6A-4402-B637-A3975E1F1473.jpg
Bryan Johnson

Dipihak lain, Bryan Johnson lebih dulu mengumumkan pendirian sebuah perusahaan baru bernama Kernel di tahun lalu. Perusahaan yang didirikan menggunakan 100% uang pribadi Johnson senilai US$100 Juta ini juga bergerak dibidang yang sama dengan Neuralink. Bedanya adalah, Kernel saat ini berfokus utama untuk menemukan cara meretas otak manusia sehingga organ-organ tubuh manusia dapat bekerja dengan lebih baik dan sehat. Visi Kernel lebih ditujukan ke arah mengatasi masalah-masalah kesehatan, terutama yang diakibatkan oleh degradasi sistem syaraf manusia.

Kita tunggu saja bagaimana kiprah Kernel dan Neuralink dalam mewujudkan mimpi para penulis skenario film sains-fiksi dunia!

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply