Gelombang Tsunami Buatan Terbesar Dibangun Di Belanda

Baru-baru ini, sekelompok ilmuwan Belanda dari lembaga Deltares berhasil menciptakan gelombang air buatan terbesar yang pernah dibuat manusia. Fasilitas eksperimental ini berupa sebuah palung berisi air dengan panjang 300 meter, tinggi 9,5 meter, dan lebar 5 meter, dan dilengkapi empat buah piston yang berfungsi untuk menggerakkan air sehingga menciptakan sebuah gelombang.

Fasilitas yang dinamai Delta Flume diinspirasikan oleh perjuangan ratusan tahun bangsa Belanda melawan terjangan gelombang laut. Sebagai pengingat, sebagian daerah Belanda memiliki ketinggian di bawah permukaan laut, memaksa bangsa Belanda memikirkan berbagai teknik tentang pengendalian gelombang laut dengan tujuan untuk mencegah negeri mereka terendam oleh air laut. Fakta ini adalah alasan utama mengapa bangsa Belanda adalah pemilik teknologi pengendalian gelombang laut termaju di dunia.

IMG_4557
 

Menurut Javier Lopez Lara, seorang insinyur di IH Cantabria, sebuah lembaga penelitian yang mempelajari efek hidrolik pada lingkungan, mengatakan bahwa gelombang buatan merupakan alat yang penting untuk banyak alasan. Beberapa diantaranya adalah pentingnya pertahanan terhadap gelombang laut di pesisir pantai, terkait dengan meningkatnya ketinggian permukaan laut, dan kecenderungan baru beberapa daerah pesisir pantai di berbagai belahan dunia untuk terserang badai. Tidak hanya itu, Delta Flume dan pembuat-pembuat gelombang lain juga sangat penting untuk memberikan wawasan bagi manusia mengenai proses transportasi sedimen sepanjang garis pantai dan sifat mekanik tanah pesisir pantai. Pendeknya, perubahan iklim global telah menciptakan berbagai masalah terkait serangan gelombang laut yang membutuhkan kita semua untuk memikirkan teknik-teknik baru untuk mengatasinya.

 

Delta Flume merupakan pengembangan dari flume-flume sebelumnya yang telah dipensiunkan. Delta Flume mampu menciptakan gelombang dengan ketinggian hingga 4,5 meter. Tidak hanya gelombang tinggi, para ilmuwan Deltares juga menciptakan beberapa inovasi terhadap penggunaan radar dan laser untuk mengukur ketinggian gelombang. Selain itu, para ilmuwan berhasil mengubah jumlah air dalam gelombang untuk mensimulasikan variasi pasang surut.

Mengapa harus membangun gelombang buatan berukuran besar?

Dalam sebuah rekayasa hidrolik, model skala kecil tidak cukup baik untuk menggambarkan apa yang terjadi. Sebagai informasi, miniatur pemecah gelombang yang terbuat dari batu dapat menggambarkan kondisi real, tidak tergantung pada ukuran. Sedangkan pemecah gelombang yang terbuat dari pasir, tanah liat, dan rumput tidak dapat menggambarkan kondisi riil jika dibuat dalam ukuran kecil. Oleh karena itu, pembuat gelombang skala besar perlu diciptakan untuk mensimulasikan pola-pola penahan gelombang pada pantai yang menggunakan pemecah gelombang yang terbuat dari pasir, tanah liat, dan rumput.

Delta Flume memungkinkan para insinyur Belanda untuk membangun pemecah gelombang yang lebih tahan terhadap badai dan gelombang sangat kuat yang cenderung mengalami peningkatan pada beberapa tahun terakhir, terkait dengan perubahan iklim global.

Credit: Huffington Post

Post Author: Todo Golo

Penulis profesional di bidang sains dan teknologi.

Leave a Reply