IBM mengujicobakan purwarupa komputer kuantum mereka yang berkekuatan 50-qubit!

Sedikit demi sedikit qubit, ilmuwan semakin dekat ke ranah penggunaan komputer kuantum. Hal ini ditandai dengan IBM yang saat ini sedang melakukan uji coba terhadap sebuah purwarupa prosesor kuantum dengan kekuatan 50 bit kuantum, atau dikenal dengan qubit. Perusahaan tersebut mengumumkan hal ini pada tanggal 10 November lalu.

110917_EC_quantum-computer_main

Komputer kuantum memang digadang-gadang akan menjadi teknologi komputer masa depan yang siap menggusur komputer konvensional. Komputer kuantum dapat mengerjakan tugas tertentu yang berada di luar jangkauan komputer tradisional. Tidak seperti bit standar, yang mewakili 0 atau 1, qubit dapat menunjukkan kombinasi keduanya, dengan menggunakan apa yang disebut superposisi kuantum. Properti ini memungkinkan komputer kuantum melakukan beberapa jenis perhitungan dengan lebih cepat. Tapi karena bit kuantum lebih rewel daripada bit standar, pembuatan komputer dengan kapasitas yang lebih besar bukanlah tugas yang mudah. Sebelumnya, prosesor kuantum terbesar dari IBM berkekuatan 17 qubit.

Perlombaan untuk mengkomersialkan teknologi komputer kuantum sudah dilakukan oleh berbagai perusahaan. IBM sendiri mengumumkan sebuah prosesor 20 qubit yang rencananya akan dibuat secara komersial pada akhir 2017. Sementara itu, Google memiliki rencana sendiri untuk mengkomersilkan komputer kuantum. Periset komputasi kuantum perusahaan raksasa ini sedang menguji chip 22 qubit, dan terus merancang yang berukuran lebih besar lagi.

Credit: IBM

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply