Iklan Kreatif Mercedes Benz, “Mobil Anti Tabrakan!”

Iklan mobil di luar negeri, baik dalam bentuk media cetak maupun video, lebih menonjolkan sisi kreatifitas daripada konsep menjual sisi brand yang biasa kita lihat di iklan mobil lokal. Konsep pengenalan fitur yang mereka sodorkan memang sering diluar perkiraan dan terkadang kita juga harus berfikir sebenarnya apa yang mau mereka tawarkan dengan iklan tersebut.

 photo mercedes-benz-c-class-2015_zpsnc5vrwyu.jpg

Seperti pada iklan mobil Mercedes Benz berikut, brand kenamaan ini mencoba mengenalkan konsep safety terbaru mereka yang dinamakan Brake Assist System PLUS atau biasa dikenal BAS PLUS. System ini pada dasarnya adalah penggunaan beberapa sensor untuk mendeteksi adanya obyek di depan mobil sehingga pada jarak tertentu mobil akan melakukan pengereman secara otomatis. Detail dari system BAS PLUS bisa di lihat pada link techcenter Mercedes Benz.
 

 

Sebenarnya konsep teknologi seperti ini telah diterapkan oleh beberapa mobil yang ada di Indonesia, sebut saja All New Mazda 2 atau New Nisan X-Trail. Tetapi kali ini kita tidak membahas akan teknologi BAS PLUS di Mercedes Benz, tapi kita akan membahas potensi pengenalan konsep keselamatan tersebut ke publik melalui iklan yang edukatif.

Pada iklan tersebut digambarkan bahwa ada beberapa anak yang diberi hadiah mobil mainan, tepatnya dua buah mobil mainan dalam satu box. Nah, kedua mobil tersebut ternyata tidak bisa saling menabrak satu sama lain, bahkan tidak bisa saling berdekatan. Hal ini mungkin karena dipasangnya magnet yang kuat pada mobil tersebut dengan kutub yang sama sehingga apabila berdekatan tidak akan mendekat atau menempel, malah justru akan saling menjauh.

 photo iklan-unik-mercedes-benz_zpsmrhhgyz9.jpg
 

Kita tahu bahwa anak-anak suka sekali akan mainan mobil-mobilan, dan pasti hal yang paling sering dilakukan adalah menabrakkan mainan mobil satu ke mobil lainnya. Dalam iklan tersebut ditunjukkan bagaimana usaha dari anak kecil untuk menabrakkan kedua mobil mainan tersebut satu sama lain. Tetapi semakin keras mereka berusaha kedua mobil tersebut tidak mau bertabrakan, atau bahkan saling bersentuhan. Digambarkan anak-anak tersebut menjadi frustasi dan marah dengan mainan mereka.

Konsep ini sebenarnya mengenalkan bahwa Brake Assist System PLUS yang coba diusung Mercedes Benz memberikan opsi baru untuk kemanan berkendara di jalan raya, dengan metode pengenalan ke masyarakat melalui iklan yang unik dan edukatif. Jargon dari iklan tersebut adalah “who love to crash will hate it, who hate to crash will love it” atau jika diartikan adalah “siapa yang menyukai tabrakan akan benci ini, siapa yang benci tabrakan akan menyukai ini”. Apakah ada perusahaan advertising yang tertarik bikin konsep iklan seperti ini di Indonesia?!
 

 

Referensi: Autoblog

Post Author: Andri Eko

Seorang anak manusia yang menyukai perkembangan teknologi otomotif dan gadget.

Leave a Reply