Ilmuwan Berhasil Membuat Layar Fleksibel Beresolusi Tinggi

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa saat ini kita hidup dengan dikelilingi oleh berbagai jenis alat elektronik berteknologi layar display. Televisi, ponsel, tablet, e-book reader, bahkan arloji pun sudah menggunakan teknologi display resolusi tinggi. Berbagai desain konsep gadget futuristik juga semakin banyak dikembangkan. Salah satu desain konsep tersebut adalah gadget dengan layar resolusi fleksibel yang dapat dilipat ke segala arah.

20140710-104152 PM-81712870.jpg

Konsep Gadget Dengan Layar Felksibel
(Sumber)

Mungkin gadget konsep ini tidak lama lagi akan berwujud nyata. Karena baru-baru ini Nature.com merilis telah diciptakan teknologi layar resolusi tinggi, sangat tipis, low-power, serta fleksibel. Fitur fleksibel inilah yang membuat teknologi layar ini menjadi menarik. Karena berbagai konsep gadget futuristik dapat mengaplikasikan teknologi ini seperti jam tangan, display foto, dan banyak lagi.

20140711-070422 PM-68662542.jpg

Material Layar Fleksibel
(Sumber)

Prinsip dasar layar ini terletak pada kemampuan materialnya untuk berubah diantara dua fase berbeda antara amorf (tak berbentuk) dengan fase kristal. Dengan menggunakan stimulus seperti panas, cahaya, dan arus listrik, material ini dapat berubah fase dengan mudah. Ilmuwan pengembang teknologi layar fleksibel ini bahkan mengklaim berhasil mendemonstrasikan teknologi ini di sebuah layar semi transparan. Kedepannya, teknologi ini akan diaplikasikan untuk layar dengan skala piksel nano, layar pintar semi transparan, dan juga lensa kontak pintar.

Sumber: Nature.com, Wired.com.

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply