Induced XEN cells: Kehadirannya dapat menginspirasi para ilmuwan untuk mempercepat terapi berbasis sel punca (stem cell)

Para ilmuwan dari Michigan State University telah menemukan sel induk jenis baru yang akan membawa kemajuan dalam pengobatan regeneratif dengan tujuan untuk mengatasi berbagai cacat lahir dan masalah reproduksi lainnya. Dalam sebuah laporan terbaru yang diterbitkan di jurnal Stem Cell Reports, Tony Parenti, pemimpin studi, mengatakan bahwa timnya telah memanfaatkan sekelompok sel (induced XEN cells) yang selama ini dianggap sebagai “limbah” dalam proses transplatasi sel induk atau sel punca. Parenti menambahkan bahwa selama ini para ilmuwan lain sudah menyadari kehadiran induced XEN cells namun mereka mengabaikannya.

Selama ini, hampir semua penelitian stem cell (sel induk) berfokus pada cara-cara baru untuk membuat dan menggunakan sel induk berpotensi majemuk. Sel induk berpotensi majemuk dibuat dengan cara mengaktifkan gen embrio untuk memprogram ulang sel dewasa. Sel dewasa ini kemudian akan diprogram lagi menjadi sel berpotensi majemuk yang telah diinduksi (induced pluripotent stem cells/iPS). Sel iPS inilah yang akan menjadi sel pembangun yang dapat memproduksi sel baru apapun, baik sel ginjal, sel hati, sel otak, dan lain sebagainya.

Cara Kerja

Jika seorang pasien menderita gagal ginjal, maka dokter akan mengambil sel-sel ginjal (yang masih sehat) dan kemudian memprogram atau menduplikasinya di dalam sel-sel iPS. Sel-sel ginjal baru yang telah diproduksi akan ditransplatasi kembali ke ginjal pasien sembari menyingkirkan sel-sel yang telah rusak. Kira-kira begitulah cara kerja transplatasi sel punca selama ini.

Poin Utama

Nah seperti telah dijelaskan di atas, selama ini para ilmuwan mengembangkan sel iPS dari embrio. Ternyata embrio tidak hanya menghasilkan iPS, namun juga sel punca terinduksi atau induced XEN cells. Parenti dan timnya menemukan bahwa induced XEN cells mampu menghasilkan jaringan ekstraembrionik, berlawanan dengan sel iPS (iPS cells) yang menghasilkan sel-sel organ dalam manusia. Berangkat dari fakta ini, para ilmuwan berasumsi bahwa jika embrio dapat menghasilkan baik iPS maupun induced XEN cells, induced XEN cells juga akan muncul ketika sel induk diprogram ulang di dalam tubuh manusia.

 photo nprot.2013.049-F2.jpg

Keberhasilan Yang Ditunggu

Secara tidak sengaja, Parenti menemukan kehadiran induced XEN cells di dalam kultur sel iPS yang dibuat oleh timnya. Induced XEN cells ini nampak seperti “sel-sel liar” di antara sel-sel iPS. Tim peneliti juga menemukan bahwa dengan menghambat ekspresi gen XEN selama pemrograman ulang, mereka dapat meningkatkan produksi sel iPS. Jadi dengan mengetahui kadar induced XEN cells dalam suatu kultur jaringan, para ilmuwan dapat menguranginya dan secara otomatis mereka akan meningkatkan produksi sel iPS. Selama ini duplikasi sel iPS sangat sulit dan mahal, dan dengan penelitian ini maka para ilmuwan akan dapat memproduksi sel iPS dengan kecepatan yang lebih tinggi dan demikian pengobatan berbasis sel punca akan semakin cepat dan murah!

Credit: Science DailyiPS Cell

Post Author: Todo Golo

Penulis profesional di bidang sains dan teknologi.

Leave a Reply