Inggris akan Membangun Jalan Raya dengan Jalur Khusus Wireless Charging bagi Mobil Listrik

Perkembangan mobil listrik dunia yang semakin pesat, mendorong inovasi teknologi seputar mobil listrik menjadi semakin hebat. Tak hanya pengembangan teknologi motor listrik sebagai penggerak roda mobil ataupun teknologi baterai yang semakin efisien, metode pengisian ulang baterai juga menjadi bagian inovasi para ilmuwan.

Wireless charging dikenal selama ini sebagai satu metode pengisian ulang baterai smartphone maupun gadget lain yang saat ini sangat populer. Metode pengisian ulang nirkabel ini secara sederhana menggunakan fenomena induksi elektromagnetik untuk memindahkan energi listrik dari satu tempat ke tempat lain tanpa kabel. Jika di luar sana banyak vendor alat elektronik yang berlomba untuk mendesain alat pengisian ulang baterai nirkabel ini secara lebih efisien, lain halnya yang dilakukan oleh pemerintah Inggris.

ev-lane

Dikutip dari Gizmag, pemerintah Inggris berencana untuk membangun sebuah jalan raya dengan jalur khusus yang dilengkapi dengan teknologi wireless charging. Dengan kumparan elektromagnetik terpasang di bawah jalur khusus ini, ia akan membuat mobil-mobil listrik dapat terus melakukan perjalanan sembari terus mengisi baterainya. Tentu saja inovasi ini akan semakin mendorong perkembangan mobil listrik maupun hybrid di pasaran Inggris.

 photo IMG_2248.jpg

Uji coba direncanakan akan segera dilakukan pada tahun ini selama 18 bulan. Selain teknologi ini, Inggris juga akan berencana membangun tempat pengisian ulang baterai mobil di setiap 32 km jalan raya Inggris.

Credit: Gizmag

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply