Inilah Bandara International Pertama di Dunia yang 100% Menggunakan Panel Surya!

Kesadaran akan penggunaan energi ramah lingkungan saat ini memang semakin menjamur. Diiringi dengan semakin murahnya harga jual sumber-sumber energi terbarukan seperti panel surya salah satunya juga turut mendukung kampanye energi terbarukan. Contoh salah satu langkah nyata gerakan penggunaan sumber energi terbarukan dilakukan oleh Bandara Internasional Cochin di India bagian selatan. Bandara tersibuk ketujuh di India ini dinobatkan sebagai bandara internasional pertama yang 100% kebutuhan listriknya dipenuhi oleh panel surya.

Untuk memenuhi kebutuhan listrik bandara, pihak manajemen bandara menunjuk perusahaan asal Jerman, Bosch, untuk membangun sebuah pembangkit listrik tenaga matahari di lahan kosong seluas 45 are yang terletak di dekat terminal kargo internasional bandara tersebut. Dengan total kurang lebih 10.000 panel surya yang digunakan, pembangkit listrik mandiri ini mampu menyuplai listrik 48.000 hingga 50.000 kilowatt untuk mencukupi kebutuhan listrik bandara setiap harinya. Bahkan jumlah energi tersebut masih surplus dan masih mampu untuk menghidupi kebutuhan jaringan listrik di area sekitar bandara.


Pembangunan pembangkit listrik tenaga surya mandiri ini menelan biaya US$ 9,3 juta atau setara dengan 121 milyar rupiah. Dengan biaya sebesar itu pihak manajemen bandara berharap tidak akan pernah membeli pasokan listrik dari ‘PLN’-nya India hingga enam tahun ke depan. Selain itu, pembangkit listrik tenaga surya tersebut ikut berperan mengurangi emisi karbon dioksida sebanyak 300.000 metrik ton dari pembangkit listrik berbahan bakar batubara hingga dua puluh lima tahun ke depan.

Credit: CNN

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply