Inilah Konsep TRX, Pesawat Siluman Masa Depan Amerika Serikat!

Apakah Anda tahu U-2, sebuah pesawat mata-mata Amerika Serikat yang terkenal dan akan segera dinonaktifkan? U-2 adalah pesawat mata-mata yang mampu terbang di ketinggian lebih dari 70 ribu kaki! Dragon Fly adalah julukannya, menggambarkan pesawat ini sebagai naga terbang yang siap muncul di area manapun di seluruh dunia tanpa bias dideteksi oleh radar musuh. U-2 memang akan pensiun, namun penggantinya kini tengah dipersiapkan Lockheed Martin dan rencananya siap dioperasikan pada 2025. TRX, nama pesawat mata-mata masa depan Amerika Serikat itu. Pesawat ini dirancang tidak hanya melakukan misi mata-mata, tetapi juga mampu melakukan peperangan elektronik dan dilengkapi system persenjataan berbasis laser!

 photo Attachment-1-9.jpg

Sama seperti U-2, TRX dirancang untuk dapat terbang pada ketinggian lebih dari 70 ribu kaki dan mungkin juga menggunakan mesin F118, sama seperti yang digunakan oleh U-2. Menurut rumor yang beredar, penampilan kedua jenis pesawat itu relatif sama, namun seperti yang disebutkan di atas, TRX dilengkapi teknologi terbaru, salah satunya adalah kemampuan koordinasi dengan berbagai pesawat tempur NATO. Yang pasti, TRX lebih “stealth” daripada U-2. Amerika telah belajar dari pengalaman tahun 1960 dan 1962 sewaktu sebuah pesawat U-2 ditembak artileri hanud Soviet. Sebuah pesawat mata-mata modern tidak cukup hanya mengandalkan ketinggian spektakuler karena misil-misil jenis terbaru sudah mampu menjangkau itu. Sebuah pesawat mata-mata modern haruslah sangat-sangat “stealth”.

IMG_2238

Setiap pengembangan teknologi membutuhkan dana yang besar, tidak terkecuali pengembangan TRX. Para peneliti dari Lockheed Martin dibingungkan dengan semakin bertambah besarnya dana yang mungkin dibutuhkan. Hal ini diakui oleh Letnan Jenderal Robert Otto, seorang perwira tinggi Amerika Serikat, bahwa pemerintah Amerika Serikat mungkin tidak cukup dana untuk menggabungkan kemampuan dua pesawat high-altitude platform, menjadi satu karakteristik utama dari TRX. High-altitude platform adalah pesawat yang dirancang memiliki kemampuan ekstra, misalnya mampu terbang dengan ketinggian 70 ribu kaki selama berjam-jam bahkan berhari-hari. Dua pesawat high-altitude platform yang dimaksud adalah U-2 dan pesawat mata-mata Global Hawk. Kedua pesawat itu memiliki beberapa kemampuan ekstra yang sulit ditandingi oleh pesawat-pesawat militer lainnya. Nah, TRX dirancang untuk memiliki kemampuan U-2 dan Global Hawk. 

Apa saja kelebihan U-2 yang cukup menonjol? Secara umum, U-2 mampu terbang sangat tinggi dan hanya bisa dicegat oleh Mig 25 Russia yang mampu terbang hingga 123 ribu kaki. Sedangkan Global Hawk mampu terbang hingga 30 jam dan berfungsi sebagai satelit dan pesawat sekaligus. Pesawat Global Hawk mampu melakukan pengamatan atmosfer di wilayah-wilayah terpencil, seperti Arktik dan Antartika. Daya angkut pesawat Global Hawk bisa mencapai 500 kg yang biasanya terdiri dari berbagai instrumen ilmiah. Ketinggian, durasi penerbangan, daya angkut, sensor pengintai super adalah beberapa karakteristik penting yang dibutuhkan oleh sebuah pesawat pengintai modern, dan kesemuanya dirancang untuk dicangkokkan dalam sebuah pesawat saja, TRX!

Credit: Defense News, Sputnik News, Matthew Aid, Wikipedia: High-Altitude Platform.

Post Author: Todo Golo

Penulis profesional di bidang sains dan teknologi.

Leave a Reply