Inovasi dari Xerox, mesin fotokopi yang bisa menerjemahkan bahasa!

Untuk Anda yang selalu disibukkan dengan urusan dokumen, baik itu untuk kantor ataupun seorang mahasiswa yang sibuk dengan tugas kuliah dan diktat perkuliahan, pasti ada hal yang perlu di-copy dari dokumen, baik dikarenakan itu menggandakan sebagai copy backup atau menyalin untuk dokumen pribadi. Nah, kita tentu sangat familiar dengan mesin fotokopi ataupun tempat fotokopi di pinggir jalan. Merk yang paling sering kita kenal adalah Xerox. Hampir sebagian besar merk mesin fotokopi yang beredar di Indonesia adalah Xerox.

img_2430

Saat ini ada inovasi baru dari Xerox, yaitu selain bisa memindai dan menyalin dokumen, mesin fotokopi keluaran Xerox juga bisa menerjemahkan tulisan ke dalam bahasa asing. Layanan baru yang disebutnya Xerox Easy Translator ini membuat mesin fotokopi Xerox menjadi alat penerjemah sekaligus, versi real-life dari Google Translate. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda hanya tinggal meletakkan selembar kertas dengan teks pada mesin dan memilih bahasa terjemahan. Kemudian mesin akan mencetak versi terjemahannya.

 photo 571B4137-3B01-40C6-8656-445804CCEFD2.jpg

Fitur ini akan teredia untuk printer multifungsi Xerox, atau jika tidak memiliki printer multifungsi tersebut anda masih bisa mengakses layanan penerjemah ini melalui aplikasi smartphone dengan system iOS atau Android. Bisa juga dengan menggunakan metode akses langsung ke web portal, sehingga file bisa diupload dalam format JPEG atau PDF kemudian akan mendapatan hasil terjemahannya.

 photo D83CC40E-9832-4E18-AB81-6F133A837A00.jpg

Layanan ini memang tidak sepenuhnya fungsi independent dari mesin fotokopi multifungsi, tetapi lebih kepada layanan online untuk menerjehkan kata atau bahasa yang tertera pada dokumen yang dipindai secara elektronik. Jika ditilik dari teknologinya tidak jauh berbeda dengan konsep yang diutarakan oleh Google Translate yang ada di Android yang mampu memindai suatu foto atau pemadangan langsung melalui kamera ponsel dan menerjemahkan kata yang ada pada gambar tersebut secara real time di layar ponsel kita.

 photo F1AFE8BC-B340-4880-B23D-405AFDDE9C12.jpg

Saat ini Xerox mendukung lebih dari 30 bahasa berbeda. Tetapi untuk menggunakannya dikenakan biaya $10 per 100 halaman terjemahan dengan 30 terjemahan pertama secara gratis untuk pertama kali mendaftar. Untuk mendapatkan terjemahan yang jauh lebih akurat, Xerox juga menyediakan penerjemahan manual dengan manusia, tentu dengan harga yang berbeda, yakni 10 sen per kata. Tertarik mencoba layanan terbaru dari Xerox ini?!

Credit: TechnoBuffalo, Engadget.

Post Author: Andri Eko

Seorang anak manusia yang menyukai perkembangan teknologi otomotif dan gadget.

Leave a Reply