Inovasi gila! Ban mobil ini menggunakan panas untuk mengisi ulang baterai mobil listrik!

Mobil elektrik mulai populer saat ini, terlebih lagi dengan masuknya merek sekelas Tesla di negara kita saat ini. Tentu saja hal ini akan menjadi kompetisi tersenderi bagi Toyota Prius dan Honda Insight yang lebih dahulu hadir, dan juga bagi mobil premium dari Eropa semisal BMW dengan seri i8 mapupun i3.

Masalah paling krusial dalam mobil elektrik saat ini adalah sumber daya untuk mentenagai mobil agar terus dapat bergerak. Dalam hal ini tentu saja baterai dalam mobil sebagai sumber tenaga utama. Baterai mobil memeiliki daya jelajah sesuai dengan kapsitas yang di bekali pada mobil yang bersangkutan, biasanya berkisar 100-400 km untuk sekali full charge.

Goodyear-BH03-Concept-Tyre1

Permasalahan muncul saat kurang populernya mobil listrik, berakibat pada kurang meratanya titik untuk isi ulang baterai mobil listrik, terutama untuk negara berkembang, seperti Indonesia. Nah kali ini Goodyear, yang merupakan salah satu produsen ban terkemuka di dunia, mencoba berinovasi dengan menciptakan ban mobil yang bisa berfungsi sebagai pengisi ulang baterai mobil listrik.

 photo 8380BA83-97B6-4811-B1ED-A10806DEA095.jpg

Teknologi yang dipakai adalah dengan mengkorversikan panas yang dihasilkan pada saat ban mobil dipakai berjalan atau saat mobil dikendarai. Panas ini dihasilkan dari gesekan antara lapisan terluar ban dengan aspal atau jalan raya yang dilalui, yang kemudian dikonversikan menjadi energi listrik untuk mengisi ulang baterai. Selain itu energi kinetik yang dihasilkan dari perputaran ban juga dikonversikan oleh Goodyear menjadi energi listrik pula.

 photo B8FC3393-9FA9-46B4-91CD-A116B6DB867A.jpg

Konsep yang ditawarkan Goodyear sangat menarik, karena mampu memanfaatkan energi yang tidak terpakai saat ban mobil berputar menjadi energi yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai mobil listrik. Tetapi untuk data detail teknologi yang dipakai dan proses konversi energinya masih belum diungkapkan oleh Goodyear. Kita tunggu saja lebih lanjut akan teknologi yang coba ditawarkan oleh Goodyear ini. Anda bisa melihat video berikut sebagai gambaran untuk teknologi yang coba diperkenalkan Goodyear dalam konsep ban mobil terbaru.

Credit: interestingengineering

Post Author: Andri Eko

Seorang anak manusia yang menyukai perkembangan teknologi otomotif dan gadget.

Leave a Reply