Inovasi Intelijen! Mendeteksi obyek bergerak di balik tembok melalui sinyal Wi-Fi!

Bisakah kamu memperkirakan apa yang ada di balik tembok kamar kamu dengan asumsi obyek-obyek di baliknya tidak bergerak dan bersuara? Pasti tidak bisa kecuali temboknya adalah tembok tembus pandang. Nah tapi nampaknya tidak lama lagi kita akan dapat menebak (walaupun tidak 100 % melihat obyek secara visual dengan jelas) apa yang ada di balik tembok kita! Para peneliti dari Computer Science and Artificial Intelligence Lab MIT telah mengembangkan sebuah software menarik untuk mendeteksi siluet manusia dibalik dinding atau tembok. Para peneliti tersebut menggunakan sebuah alat yang disebut RF-Capture yang mampu mentransmisikan sinyal nirkabel Wi-Fi dan melakukan analisa refleksi dari sinyal tersebut untuk membentuk sebuah “obyek manusia”.

Teknologi yang dikembangkan ini adalah pengembangan dari teknologi yang dikembangkan MIT sebelumnya, yaitu semacam teknologi frekuensi radio yang dapat mendeteksi gerakan obyek yang berada di balik dinding. Nah, teknologi ini selangkah lebih maju karena dapat mendeteksi berbagai parameter, diantaranya adalah pola pernapasan dan detak jantung, bahkan dapat membedakan hingga 15 orang berbeda yang berada di balik dinding dengan keakuratan mencapai 90%! Keren bukan?

image

Cara Kerja

Tentu kamu penasaran dengan cara kerjanya. Prinsip kerjanya cukup simpel yaitu dengan menempatkan RF-Capture di sebuah ruangan. Nah, setelah RF-Capture dinyalakan maka alat ini akan memancarkan sinyal-sinyal nirkabel Wi-Fi yang mampu menembus dinding. Nah, ketika seseorang (di balik dinding) berjalan, dia akan terpapar sinyal dan memantulkan atau merefleksikan sinyal kembali ke arah RF-Capture. Nah pantulan sinyal Wi-Fi itulah yang dibaca oleh RF-Capture. RF-Capture menggunakan prinsip algoritma dalam membaca sinyal pantulan dan hebatnya dalam sebuah eksperimen, alat ini mampu mendeteksi apa yang ditulis oleh orang di udara. Maksudnya adalah orang di balik dinding melakukan gerakan seperti menulis di udara dan ternyata “tulisan” yang dibuat bisa dideteksi dengan sempurna!

Aplikasi

Sejauh ini belum ada alat yang mengaplikasikan teknologi ini. Ini adalah hal yang wajar karena teknologi ini baru ditemukan. Namun para peneliti menyatakan bahwa teknologi melihat obyek bergerak di balik dinding dengan sinyal Wi-Fi ini dapat diaplikasikan di berbagai rumah pintar yang kian lama kian populer. Teknologi ini juga sangat cocok untuk ditempatkan di berbagai panti jompo untuk mendeteksi gerakan para manula, melakukan pengecekan kalau-kalau mereka terjatuh. Teknologi ini juga bisa diterapkan untuk keperluan militer dan kepolisian. Bayangkan kalau petugas polisi mampu mendeteksi berapa jumlah penjahat yang di balik tembok dan apa aktifitas mereka. Tentu resiko-resiko terburuk dalam penyergapan dapat diminimalisir bukan? Tentu ini adalah teknologi yang sangat menarik namun perlu diatur regulasinya sehingga penggunaannya tidak sampai mengganggu privasi orang.

Credit: CSAIL MIT, The Verge.

Post Author: Todo Golo

Penulis profesional di bidang sains dan teknologi.

Leave a Reply