iPhone 6s, akan menjadi jawara untuk kelas kamera smartphone!

Smartphone higend atau flagship saat ini yang mengusung kamera dengan kualitas mumpuni, berada pada lini Android. Sebut saja LG G4, Samsung Galaxy S6, dan Sony Xperia Z3+. Namun dengan dirilisnya iPhone 6s ke publik dan batch pengiriman pertama yang dijadwalkan tanggal 25 September 2015 ke tangan konsumen, maka akan ada penantang serius di kelas kamera smartphone. Terlebih lagi dengan didapati beberapa konsumen maupun media yang mendapatkan iPhone 6s lebih awal dari rilis terjadwal. Maka didapatkan beberapa review yang akan dirangkum pada artikel berikut.

 photo iphone-6s-and-iphone-6s-plus_zpskar4hyvj.jpg

The Verge mereview bahwa hasil kamera iPhone 6s bisa melawan flagship kamera dari Android smartphone saat ini, seperti Galaxy S6, LG G4, Xperia Z4 sesuai pada kutipan berikut;

“ Some take great photos — the Galaxy S6 and Note 6, LG G4, and Sony Xperia Z4 all have excellent cameras — but it’s the consistency that matters. The iPhone takes excellent, realistic photos in virtually every situation, and no other phone comes close.”

“Berikut ponsel yang menghasilkan foto bagus – Galaxy S6 dan Note 6, LG G4, dan Sony Xperia Z4 semua memberikan kualitas kamera yang memuaskan – tetapi bukan itu point utamanya. iPhone memberikan hasil yang sangat bagus, foto lebih realistik dalam berbagai situasi, dan tidak ada yang mendekati kualitas kamera iPhone.”

Techradar mereview bahwa banyak peningkatan pada sisi kamera dari iPhone 6s, baik dari sisi ketajaman, penangkapan cahaya dan kecepatan shutter, seperti pada kutipan berikut;

“In extreme testing, there are improvements to be found – with almost minimal light, the new iPhone is more adept – that’s all the more impressive given the higher amount of pixels, which usually leads to poorer lower light performance.”

“Dalam uji coba ekstrem, terdapat beberapa peningkatan – dengan cahaya sangat minim pun iPhone baru lebih tajam hasil gamabrnya – hal ini dikarenakan terdapat jumlah pixel yang lebih besar, yang memang menghasilkan gambar lebih baik pada kondisi minim cahaya.”

Time mereview hasil foto iPhone 6s dengan menyewa fotografer Benjamin Lowy untuk berkeliling New York dan menggunakan iPhne 6s untuk foto foto. Hasilnya sangat impressive dan menakjubkan, review dari Lowvy.

“For Lowy, the quality of the resulting images was impressive, “especially for such a small sensor,” he says. “When you print them, they hold up very well.

“Lowy berkata, “kualitas gambar yang dihasilkan sangat impressive, apalagi untuk sensor dengan ukuran kecil seperti ini. Saat di print sekalipun, hasilnya tetap sangat bagus.“

 photo 7B5FE45541FE4D2BB89E0B8F3F3A46FF.png
Salah satu hasil jepret kamera iPhone 6s
Techcrunch  mereview terdapat peningkatan yang signifikan pada kamera iphone 6s dan diluar ekspetasi mereka, hasilnya cukup memuaskan dibanding generasi sebelumnya, sesuai dengan kutipan berikut;

“The detail is much improved, enabling better cropping and zooming of faraway subjects and crystal clear landscapes, portraits and up to 63 megapixel panoramic shots. I was incredibly impressed by the differences in camera quality between the iPhone 6 Plus and the iPhone 6s Plus.

“Detail gambar lebih meningkat, mudah untuk crop dan zoom untuk objek jauh dan mode landscape yang tetap jernih, portrait juga tetap manakjubkan dan mampu menghasilkan total 63 megapixel dalam mode panorama. Ini merupakan peningkatan yang sangat impressive dalam kaulitas kamera antara iPhone 6 Plus dan iPhone 6s Plus.“

The Strait Times mengupas performa perekaman video 4K yang mampu diambil oleh iPhone 6s, terlebih oleh iPhone 6s Plus yang lebih baik karena sudah dibekali dengan fitur Image Optical Stabilization (OIS) sehingga bebas goncangan sekalipun merekam sambil berjalan. Kualitas kamera juga meningkat jauh disbanding generasi iPhone 6.

“Pictures and videos shot by both iPhones are excellent, with crisp details and minimal noise artifacts.

“Gambar dan video yang di hasilkan oleh kedua iPhone (6s dan 6s Plus) sangat bagus, detail yang bagus dan noise yang minim. “

Masih banyak situs review lainnya yang mengupas kelebihan iPhone 6s dan iPhone 6s Plus dibanding generasi sebelumnya, terutama dalam hal ini kemampuan kamera dan video 4K yang dimilikinya.  Jika penasaran akan hasil kamera dari iPhone 6s dan iPhone 6s Plus kamu bisa mengintip halaman remsi Apple berikut, di iPhone 6s Photo Galery.

 photo iphone-6s-plus-clean-2-7.0_zpsnidpoten.jpg

Tetapi nilai jual iPhone 6s terbaru bukan saja dari sisi kamera, banyak hal menarik dan menakjubkan yang coba ditawarkan Apple ke konsumen setianya, fitur 3D Touch salah satunya, yang merupakan revolusi baru di dunia smartphone. Ke depannya kemungkinan tren 3D Touch ini akan diikuti oleh manufaktur smartphone Android, seperti pada trend Fingerprint scanner yang diperkenalkan pada iPhone 5s dulu. Duo iPhone 6s dan iPhone 6s bisa kamu dapatkan sejak tanggal 25 September jika kamu berada di AS, Singapura, Hong Kong, Australia, dan delapan negara lainnya.

Credit: 9to5mac

Post Author: Andri Eko

Seorang anak manusia yang menyukai perkembangan teknologi otomotif dan gadget.

Leave a Reply