iPhone Bekas, Berkualitas atau Refurbhised? Berikut Cara Mengeceknya!

Ponsel iPhone adalah salah satu smartphone yang paling laris di dunia saat ini. Bahkan secara konsisten sejak kemunculan awalnya ke publik, yaitu tahun 2007, iPhone telah menjadi trend setter tersendiri di dunia gadget. Dengan jumlah peminat dan permintaan yang tinggi, menimbulkan ada beberpa oknum yang bermain dengan mengedarkan iPhone refurbhised atau rekondisi. Apple sendiri memang memiliki program “Apple Certified Pre-Owned” atau iPhone refurbhised resmi Apple. Bedanya memang sangat kelihatan, dimulai dari harga yang terpaut jauh, aksesoris yang didapatkan, dan tentu saja garansi resmi Apple yang tidak didapat iPhone refurbhised biasa.

 photo Waspada Atasi Sindikat iPhone Rekondisi yang Semakin Marak Beredar_zpsusaqlx9i.jpg
Untuk bisa membedakan iPhone tersebut asli baru atau malah refurbhised ada beberapa cara yang bisa dilakukan, terutama apabila anda berkeinginan membeli iPhone bekas, dikarenakan harga lebih terjangkau. Jangan sampai terkecoh dengan membeli iPhone garansi distributor yang memang bisa dipastikan bukan resmi Apple, atau bahkan refurbhised dengan aksesoris tidak original dan banyak yang setelah dicek ke web Apple ternyata garansi Apple telah hangus.

 photo iPhone-Refurb-1_zpsnagtovgz.jpg
Dengan memanfaatkan IMEI atau Serial Number dari iPhone, Anda bisa mendapatkan informasi tambahan lain dari situs-situs berikut ini. IMEI bisa di cek melalui menu setting – general – about (disini selain IMEI, anda bisa mengecek data Model Number dan Serial Number) atau Anda tinggal mengetik *#06# maka IMEI ponsel akan muncul. Berikut web tempat untuk mengecek detail dari iPhone yang mau kita beli.

  1. Repairs and Service Coverage (Apple)

 photo 12qwe_zpsz6jn6mbf.png

Alamat: https://selfsolve.apple.com/

Ini adalah web resmi dari Apple untuk mengecek status aktivasi dan garansi dari iPhone Anda.

Masukkan IMEI iPhone Anda dan akan muncul informasi berikut:

  • Purchase Date: status aktivasi dari sebuah iPhone. Jika valid artinya iPhone sudah pernah diaktivasi, dan sukses.
  • Telephone Technical Support: status dari layanan yang diberikan Apple untuk pengguna yang ingin meminta bantuan teknis via telepon.
  • Repairs and Service Coverage: status garansi resmi yang diberikan Apple.

 

  1. Activation Lock status (Apple)

 photo dad_zps8tiwhrin.png
Alamat: https://www.icloud.com/activationlock/

Ini juga situs resmi Apple yang berguna untuk mengecek status Activation Lock dari iPhone. Kalau Activation Lock aktif, itu artinya pengguna perlu memasukkan Apple ID dan password pada saat iPhone ini akan diaktifkan. Tanpa Apple ID dan password yang benar, iPhone akan terkunci dan tidak bisa digunakan meskipun dilakukan reset all atau bahakna full restore iOS.

  1. iPhoneFrom

 photo asfawf_zpskukvumq1.png

Alamat: http://iphonefrom.com/

iPhoneFrom sebenarnya bukanlah situs untuk mengecek iPhone melalui IMEI, tetapi melalui model number alias nomor modelnya.

Model dari sebuah iPhone terdiri dari kombinasi angka dan huruf. Huruf awal menandakan status dari iPhone tersebut:

  • F: Adalah unit refurbhised atau rekondisi yang resmi dikeluarkan oleh Apple.
  • M: Unit retail. Umumnya semua iPhone yang dijual di toko-toko adalah unit retail.
  • N: Merupakan unit pengganti, yaitu perangkat yang diberikan ke pengguna setelah melakukan klaim.
  • P: Unit yang memiliki ukiran.

Karakter setelahnya, yaitu tiga digit angka di tengah menandakan warna dan kapasitas dari iPhone. Sedangkan dua huruf di akhir menandakan asal negara atau asal operator dari iPhone.

  1. IMEI.info

 photo qqqqqqq_zpsp6qrk89f.png

Alamat: http://www.imei.info/

Web ini menunjukkan informasi umum dari iPhone Anda seperti spesifikasi teknisnya. Tergolong standar dikarenakan bersifat general untuk semua ponsel yang beredar di dunia.

  1. iPhoneIMEI.info

 photo qwer_zpsj8ljzv1k.png

Alamat: http://iphoneimei.info/

Website iphoneimei.info memberikan informasi yang tergolong lengkap, menggabungkan informasi warna, kapasitas memori, status aktivasi, status activation Lock, status garansi, dan juga negara dan operator asal. Situs ini menggabungkan informasi dari iPhoneFrom dan situs resmi Apple sekaligus.

  1. iPhoneIMEI.Net

 photo 7tiyg_zpseplfk73z.png

Alamat: https://iphoneimei.net/

Website ini memberikan informasi yang hampir sama dengan iPhoneIMEI.info, hanya tanpa negara dan operator asal. Fitur pengecekan negara/operator adalah fitur berbayar.

  1. IMEIdata.net

 photo 7tiyg_zpseplfk73z.png

Alamat: https://imeidata.net/iphone/model-check

Pada website ini informasi yang ditampilkan adalah yang paling lengkap dibanding yang lainnya, sampai detail pembuatan, batch pembuatan, carrier awal iPhone sampai detail manufacture date dan purchased date lengkap disajikan.

Kesimpulan

Dengan memanfaatan segala kemudahan yang diberikan oleh website di atas, kita bisa mengetahui bahwa smartphone iPhone yang akan kita beli memiliki sejarah dan kejelasan garansi seperti apa? Jika ditanya mending beli mana, iPhone bekas garansi resmi sudah habis atau iPhone baru tapi garansi distributor? Maka dengan mantab saya lebih memilih membeli iPhone bekas garansi resmi. Karena iPhone rekondisi memiliki banyak potensi kerusahan lebih fatal, dikarenakan komponen banyak yang tidak original Apple. Jangan sampai seperti kasus berikut terjadi pada Anda.


 photo fsxgdsfdhgdtu_zpsbbt4lfr8.png

Be smart user, Be smart buyer.

Referensi;
appbuntu

 

Post Author: Andri Eko

Seorang anak manusia yang menyukai perkembangan teknologi otomotif dan gadget.

Leave a Reply