Istimewa! Smartwatch ini mampu membuat kulit layaknya layar sentuh!

Kamu punya jam tangan pintar atau smartwatch? Sekarang banyak produsen smartphone merilis produk jam pintarnya ke pasaran. Sebut saja Apple, Xiaomi, bahkan hingga Mito, salah satu produsen smartphone lokal. Setiap smartwatch memiliki kemampuan yang jauh lebih lengkap dari jam tangan biasa. Smartwatch memiliki prosesor yang berfungsi sebagai “otak” untuk menjalankan berbagai fungsi layaknya smartphone.

Namun masalah terbesar yang dihadapi oleh pengguna smartwatch di seluruh dunia adalah ukuran layarnya. Jika dihitung secara rata-rata, setiap smartwatch memiliki layar dengan ukuran kurang dari 3 inci, membuatnya sulit untuk dioperasikan dengan jari-jari tangan, terutama oleh siapa saja yang memiliki jari-jari besar.


Para ilmuwan dari Carnegie Mellon University menangkap kegelisahan dari para pengguna smartwatch dan mereka berinisiatif untuk memecahkan masalah ini dengan cara yang di luar bayangan! Para ilmuwan menambahkan cincin pemancar sinyal elektromagnetik yang dikombinasikan dengan penerima sinyal yang diinstall pada gelang smartwatch. Ketika para pengguna memakai cincin khusus tersebut maka setiap gerakan jari (yang dipasangi cincin) akan dianggap sebagai gerakan jari pada permukaan layar.

image

Teknologi ini masih memerlukan penyempurnaan di sana-sini namun para ilmuwan merasa optimis bahwa smartwatch menakjubkan ini bakal bisa diaplikasikan secara luas dalam beberapa tahun mendatang. Penasaran dengan kecanggihan teknologinya? Mari simak video di bawah ini!

Credit: The Verge

Post Author: Todo Golo

Penulis profesional di bidang sains dan teknologi.

Leave a Reply