Jalanan New York, akan menjadi tuan rumah baru bagi ajang mobil balap futuristik Formula E!

Sudah kenalkah Anda dengan ajang balap Formula E? Formula E adalah sebuah ajang balap bergengsi yang masih di bawah FIA, sama dengan Formula 1, namun semua mobil balap hanya menggunakan mesin tenaga listrik. Sekalipun bermesin listrik, desain bentuk mobilnyapun masih menyerupai mobil-mobil Formula 1. Tak hanya itu, dengan daya motor listrik mencapai 250 tenaga kuda, kecepatan maksimal mobil-mobil listrik Formula E juga tidak main-main. Mereka mampu melesat hingga mencapai 250 km/jam. Untuk masalah akselerasi, mobil-mobil ini mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dari posisi berhenti hanya dalam waktu tiga detik saja.

Formula E memang baru berusia dua musim saja, namun perhelatannya nampak semakin bergengsi. Untuk musim selanjutnya saja, yakni musim 2016-2017, pihak penyelenggara sudah memastikan akan mengadakan salah satu serinya di jalanan kota New York, Amerika Serikat. Ini tentu akan mampu mendongkrak gengsi Formula E mengingat ajang sekelas Formula 1 saja, belum pernah sekalipun berhasil menghelat sebuah balapan di jalanan New York yang bergengsi. Sejak tahun 1980-an hingga sekarang, pihak FIA sudah berkali-kali melakukan perencanaan, penjajakan, maupun pengajuan kontrak, namun balap mobil F1 belum pernah sekalipun terlaksana di jalanan kota Big Apple ini.

Satu seri balap Formula E spesial ini akan diselenggarakan pada bulan Juli 2016. Sirkuit akan dibangun menggunakan lahan parkir dan jalanan sekitar Terminal Kapal Pesiar Brooklyn (Brooklyn Cruise Ship Terminal). Sirkuit ini akan memiliki panjang lintasan 1,21 mil atau sekitar 1,95 km. Separuh dari lintasan tersebut akan area parking pelabuhan, sedangkan separuh yang lain merupakan dua lintasan lurus dengan satu kelokan tajam, yang akan menggunakan jalanan di sebelah Dermaga 11. Sirkuit ini akan memiliki total 13 tikungan, serta menawarkan berbagai pemandangan seperti Patung Liberty, Pulau Governor, dan pemandangan indah tepi selatan Manhattan. Layout sirkuit saat ini masih dalam proses persetujuan FIA, namun dapat dipastikan sirkuit ini tidak akan menggunakan jalanan umum kota.

image

“Hari ini menjadi hari terbesar bagi Formula E,” ucap Alejandro Agag, CEO Formula E. “Banyak orang mengatakan bahwa pemanasan global tidaklah benar, atau mereka menganggap hal itu tidak terlalu buru-buru untuk dikhawatirkan. Kami memulai Formula E karena kami kira kami bisa melakukan sesuatu untuk dapat membantu dari sudut kami dunia motorsport. Hari ini, balapan di New York menjadi langkah kecil untuk menuju tujuan tersebut.”

 photo 5C5E0286-DE92-4C57-9E87-01DBEC7DCA77.jpg

Diperkirakan pihak Formula E dan FIA akan menginvestasikan jutaan dolar US untuk membangun dan memperbaiki infrastruktur sirkuit. Hal ini sesuai dengan kontrak kerjasama mereka dengan pihak Brooklyn Cruise Terminal serta pemerintahan kota New York. Pihak Formula E juga setuju untuk merekrut pekerja lokal, bermitra dengan pebisnis dan hotel lokal, memberi diskon tiket khusus bagi komunitas atau organisasi, serta menyediakan tempat bagi siswa-siswa sekolah lokal pada saat penyelenggaraan event balap ini di New York.

“Kami pikir akan ada kesempatan besar di sini, tidak hanya untuk meminimalisir halangan penyelenggaraan, namun juga agar bisa menjangkau komunitas lokal dan pebisnis agar mereka juga ikut terlibat,” ungkap Maria Torres-Springer, presiden dari New York Economic Development Corporation menanggapi isi kontrak antara FIA dengan pemerintahan lokal.

Selain New York, ada empat kota lain yang akan menjadi tuan rumah baru bagi ajang Formula E untuk musim 2016/2017. Mereka diantaranya adalah Hong Kong, Marrakech, Brussels, dan Montreal. Sementara Moskow, Beijing, Putrajaya, Long Beach, serta Punta del Este sudah tidak lagi akan menjadi tuan rumah Formula E di musim ini. Berikut adalah jadwal Seri Formula E sementara karena beberapa tanggal masih belum ditetapkan tuan siapa yang akan menjadi tuan rumah:

  1. Hong Kong ePrix,  Hong Kong, 9 October 2016
  2. Marrakesh ePrix,  Morocco, 12 November 2016
  3. Buenos Aires ePrix,  Argentina, Puerto Madero Street Circuit, 18 February 2017
  4. Mexico City ePrix, Mexico, Autódromo Hermanos Rodríguez, 1 April 2017
  5. TBA (to be announced) 22 April 2017
  6. Monaco ePrix,  Monaco, Circuit de Monaco, 13 May 2017
  7. Paris ePrix, France, Paris Street Circuit, 20 May 2017
  8. Berlin ePrix,  Germany, Berlin Street Circuit, 10 June 2017
  9. TBA 24 June 2017
  10. Brussels ePrix,  Belgium, 1 July 2017
  11. Montreal ePrix, Race 1,  Canada, 15 July 2017
  12. Montreal ePrix, Race 2, Canada, 16 July 2017
  13. New York ePrix, Race 1,  United States, Brooklyn Street Circuit, 29 July 2017
  14. New York ePrix, Race 2, United States, Brooklyn Street Circuit, 30 July 2017

Credit: The Verge, Wikipedia: Formula E, Wikipedia: 2016-2017 Formula E Season

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply