Juku Tech: Inovasi Anak Negeri Untuk Kemajuan Dunia Perikanan Indonesia

Hendriyadi Bahtiar, Pendiri sekaligus Penasihat Komunitas Sahabat Pulau menjelaskan bahwa organisasinya menyadari tentang adanya kebutuhan untuk menerapkan teknologi dalam rangka peningkatan produktivitas perikanan. Sahabat Pulau merupakan sebuah organisasi nirlaba yang bergerak di bidang pendidikan dan pemberdayaan berbasis sosial-kewirausahaan bagi perempuan pesisir dan pemberdayaan berkelanjutan. Mereka menyadari kebutuhan untuk meningkatkan produktivitas perikanan di Indonesia, yang selanjutnya dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan Indonesia.

Hendri mengamati, sebagian besar nelayan Indonesia masih menangkap ikan secara tradisional tanpa bantuan teknologi. Mereka pergi ke laut menangkap ikan tanpa mengetahui lokasi mana yang menjadi tempat terbaik dengan memiliki banyak ikan, sehingga mereka harus berkeliling di laut dan menghabiskan banyak bahan bakar serta waktu yang terbuang percuma.

Sementara jika mereka menangkap ikan dari rumpon pun, mereka juga masih tidak mengetahui rumpon mana dengan memiliki banyak ikan. Karena itu, Hendri dan rekan-rekannya di Sahabat Pulau kemudian mengembangkan prototipe perangkat berbasis mikro kontroler bernama Juku Tech yang bertujuan untuk membantu nelayan meningkatkan jumlah tangkapan ikan. Dengan memanfaatkan perangkat Juku Tech, nelayan akan menangkap ikan dengan lebih efektif dan efisien karena nelayan tidak perlu pergi ke laut begitu jauh untuk menangkap ikan. Mereka cukup pergi ke rumpon tertentu yang telah diinformasikan sebelumnya melalui perangkat Juku Tech.

image

Juku Tech terdiri dari modul mikro kontroler Intel dan baterai yang ditempatkan di rumpon. Modul Intel memiliki fungsi sensor yang akan mengumpulkan informasi tentang ketersediaan ikan di sekitar rumpon dan kemudian mengirimkan informasi ke komputer server, yang akan diteruskan ke nelayan melalui SMS. Setelah menerima informasi, para nelayan akan pergi ke rumpon dan kemudian menangkap ikan.

Dengan memanfaatkan perangkat Juku Tech, nelayan akan menangkap ikan dengan lebih efektif dan efisien karena nelayan tidak perlu pergi ke laut begitu jauh untuk menangkap ikan. Mereka hanya perlu pergi ke rumpon tertentu yang telah diinformasikan sebelumnya melalui perangkat ini.

 photo 1852AD98-F1A9-41E3-8031-C286F9F5787D.jpg

Selain Juku Tech, Sahabat Pulau juga mengembangkan sistem informasi yang akan melengkapi perangkat Juku Tech sehingga nelayan dapat mengunggah informasi tentang jumlah dan jenis ikan yang telah ditangkap. “Prototipe Juku Tech ini akan diujicobakan di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan dimana kami telah menerima respon yang baik dari pemerintah daerah dan nelayan setempat di Kabupaten Jeneponto,” kata Hendri.

Harry K. Nugraha, Country Manager Intel Indonesia sangat mengapresiasi inovasi Juku Tech yang dikembangkan oleh Sahabat Pulau, karena sesuai dengan visi Intel yang menjadikan teknologi sebagai dasar untuk melakukan perubahan.

Credit: tribunnews, antaranews, Fajar Online

Post Author: Vivi Alhambra

Leave a Reply