Kain Pintar Pembangkit Listrik Tenaga Gerakan Manusia

Perkembangan gadget yang tidak mungkin dibendung saat ini menuntut para penggunanya semakin sering mengisi ulang baterai gadget mereka. Dari powerbank, charger tenaga matahari yang dipasangkan pada jaket, hingga sepatu yang dapat mengisi ulang baterai smartphone menjadi contoh betapa pesat inovasi bidang ini. Bahkan seorang ilmuwan material bernama Sang-Woo Kim beserta timnya dari Universitas Sungkyunkwan, Korea Selatan memperkenalkan sebuah kain yang mampu membangkitkan energi listrik hanya dengan menggerak-gerakkan kain tersebut.

Prinsip kerja kain pintar ini cukup sederhana yakni dengan memanfaatkan efek triboelektrik yang dapat membangkitkan listrik statik seperti pada saat Anda menggosokkan sebuah balon ke rambut Anda sehingga rambut akan ikut berdiri seakan tarik-menarik dengan balon. Kain ini tersusun atas dua lapisan bahan dengan jenis berbeda, sehingga jika kain ini diberi stimulus gerakan akan terjadi perpindahan elektron dari sisi yang satu ke yang lainnya. Dengan adanya perpindahan elektron ini maka akan tercipta beda potensial.  

   

Kain pintar yang masih dalam tahap pengembangan ini diklaim mampu menghasilkan energi listrik sebesar 120V dan 65 μA per 4 cm2 jika menggunakan lapisan bahan silver dan nanopatterned polydimethylsiloxane. Sedangkan jika menggunakan bahan non-nanopatterned polydimethylsiloxane maka akan menghasilkan energi listrik sebesar 30V dan 20 μA. Energi listrik yang dihasilkan oleh kain pintar ini memang belum cukup besar untuk mengisi ulang baterai gadget Anda, namun dengan pengembangan yang kontinyu dapat dipastikan nantinya Anda hanya perlu berolahraga untuk dapat mengisi ulang baterai smartphone Anda.

Sumber: Cnet
PDF (berbayar): Nanopatterned Textile-Based Wearable Triboelectric Nanogenerator

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

3 thoughts on “Kain Pintar Pembangkit Listrik Tenaga Gerakan Manusia

  • Faiz

    (April 24, 2015 - 9:21 pm)

    kalo gitu, knp gk buat kain pintar dr keringat manusia aj….?

  • mili

    (November 17, 2015 - 3:01 pm)

    Teknologi nano ini memang sedang banyak diteliti. hasilnya yang selama ini kita pake HP, flashdisk, dan sensor2 termasuk teknologi di atas
    Bersyukurlah kita yang hanya bisa memanfaatkan teknologi tanpa tau bagaimana susahnya para peneliti bekerja siang malam menghabiskan waktu/tenaga/pikiran.
    sudah waktunya kita menggunakan pikiran kita untuk menciptakan sesuatu yang bermanfaat daripada ngeledek/ngehina/membuat pertanyaan gak mutu yang gak perlu dijawab.
    Thanx buat para ilmuwan nano di ITB/LIPI/dll mudah2an menghasilkan karya yang tidak kalah dengan china/korea

    • Onny

      (November 18, 2015 - 9:58 am)

      Terimakasih atas komentar baiknya.
      Kita juga berharap dengan informasi-informasi yang kami berikan bisa menginspirasi lebih banyak peneliti agar mampu berkontribusi di dunia sains Indonesia.

Leave a Reply