Katalisator ini Punya Dua Fungsi Hebat: Mengurai Limbah Air, sekaligus Memroduksi Bahan Bakar Hidrogen

Bahan bakar hidrogen sudah kita kenal menjadi salah satu sumber energi terbarukan yang populer. Namun penggunaannya belum sekomersial gas alam yang sudah banyak dipergunakan untuk berbagai kendaraan umum ramah lingkungan. Satu faktor utama belum terlalu komersilnya bahan bakar hidrogen adalah karena nilai keekonomisannya yang masih rendah. Biaya produksinya masih lebih tinggi dibandingkan dengan manfaat yang kita dapat jika menggunakannya. Maka dari itu, perlombaan para ilmuwan untuk membuat cara produksi hidrogen dengan sangat efisien terus dilakukan.

IMG_0001

Tak terkecuali yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan dari School of Environmental Science and Engineering, Sun Yat-sen University, Guangzhou, Cina, yang berhasil menciptakan sebuah katalisator yang mampu melakukan dua fungsi sekaligus: mengurai limbah air dan menghasilkan gas hidrogen yang bermanfaat. 

Dua fungsi tersebut didapatkan dengan jalan mengombinasikan kobalt oksida dengan titanium dioksida menjadi satu katalis berfungsi ganda. Penggunaan katalis ini pada proses pemecahan limbah air menggunakan tenaga sinar matahari, diklaim mampu mengurai limbah obat-obatan populer di dalam limbah air, serta dengan sangat efisien mengonversi air menjadi bahan bakar hidrogen. 

Ilmuwan membuat katalis ini dengan jalan melapisi titanium dioksida tipis berskala nano, dengan lapisan kobalt oksida yang juga tipis. Mereka menguji produk mereka ke tiga jenis air, air limbah nyata, air dari sungai di Cina, dan sampel air deionisasi. Di bawah sinar matahari buatan, katalis merangsang produksi hidrogen di ketiga sampel tersebut. Namun jumlah hidrogen terbesar diperoleh dari sampel air limbah. Para peneliti mengatakan katalis mereka bisa menjadi pilihan pengolahan air limbah berkelanjutan dengan menghasilkan bahan bakar hidrogen pada saat yang bersamaan.

(Credit: pubs.scs.org)

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply