Kirobo Mini: robot imut kreasi Toyota ini siap menjadi teman sepi Anda!

Pabrikan mobil terbesar di dunia Toyota, segera memasarkan robot mini kreasi mereka di tahun 2017 mendatang. Robot bernama Kirobo Mini ini siap dijual seharga 39.800 yen atau hanya sekitar 5 juta rupiah saja. Kirobo Mini merupakan versi kecil dari Kirobo original yang pada tahun 2013 lalu menjadi robot pertama di dunia yang dikirim ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS). Saat itu Kirobo original yang berukuran seperti anjing imut cihuahua, dikirim untuk menemani mengobrol salah satu astronot asal Jepang, Komandan Koichi Wakata.

Brand Toyota sebenarnya sangat kental dengan dunia otomotif terutama mobil. Namun kali ini Toyota sudah menginvestasikan banyak uang untuk berusaha mengembangkan teknologi robot sendiri. Bukan tanpa alasan, karena pengembangkan Kirobo juga akan sangat membantu kemajuan dunia otomotif di masa depan. Bisa saja nantinya kemampuan Kirobo akan mereka sematkan ke setiap mobil Toyota.

toyota-2015-world-of-toyota-articles-news-events-kirobo-mini-header_tcm-11-537688

Toyota mengembangkan Kirobo mini sebagai robot teman mengobrol bagi orang-orang Jepang pada khususnya. Hal ini terkait dengan satu masalah yang sedang mengancam Jepang.

“Kami ingin menanggapi atas isu sosial yang berkembang dimana orang-orang semakin kesulitan untuk menemukan orang lain yang bisa diajak mengobrol,” demikian ungkap Moritaka Yoshida, Senior Manager Toyota.

Negara Jepang memang sedang terancam masalah demografi penduduk yang semakin didominasi orang-orang berusia lanjut. Diperkirakan pada tahun 2060 nanti, Jepang akan dihuni oleh 40 persen penduduk berusia di atas 65 tahun. Tentu hal ini menjadi ancaman cukup serius bagi Jepang. Dan Toyota telah melakukan penelitian jangka panjang untuk menciptakan robot teman mengobrol terutama bagi mereka-mereka yang terisolasi.

 photo 8B3DBC98-7E98-4E10-B156-89FDBB4ECE52.jpg

Tak hanya itu, permasalahan sosial penduduk Jepang juga terkait dengan fenomena “hikikomori” dimana orang-orang, terutama para remaja, menolak untuk pergi keluar rumah dan bersosialisasi. Mereka cenderung lebih memilih untuk berada di rumah bermain video game atau hanya berdiam diri di kamar.

 photo A9FEA843-3FB8-4CF7-AFED-84063805A7AD.png

Kirobo Mini saat ini sedang dipamerkan oleh Toyota dalam even pameran elektronik terbesar se-Asia bertajuk, IT & Electronics Comprehensive Exhibition (CEATEC). Even ini sedang berlangsung di Tokyo dalam satu minggu penuh ini.

Credit: Seeker, The Verge

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply