Konsep Truk Trailer Masa Depan Versi Walmart

Mungkin ini adalah bentuk truk trailer nantinya di masa depan. Paling tidak desain ini digunakan oleh Walmart, sebuah perusahaan retail terbesar di dunia asal Amerika Serikat. Saat ini Walmart memiliki 6500 cabang retail di dunia. Dan bisa jadi truk ini nantinya akan digunakan untuk alat distribusi mereka.

20140305-060708 AM.jpg

Truk ini diberi nama WAVE, sebagai singkatan dari Walmart Advanced Vehicle Experience. WAVE diklaim memiliki bentuk yang 20% lebih aerodinamis dibanding model truk konvensional. Disamping itu dapur pacu truk ini menggunakan mesin “micro-turbine hybrid” yang mampu beroperasi menggunakan bahan bakar solar, biodiesel, gas alam, serta bahan bakar lain yang masih dikembangkan. Micro-turbine adalah sejenis turbin gas namun memiliki ukuran yang lebih kecil.

Untuk bodi dan chasis, truk ini 100% menggunakan bahan carbon fiber yang dikenal kuat namun sangat ringan. Bahkan untuk membuat bobot truk ini 2000 kilogram lebih ringan dari truk konvensional, bagian trailer truk pun menggunakan bahan carbon fiber utuh sepanjang 13 meter. Di sisi lain, bagian kemudi truk didesain terletak di tengah-tengah sehingga mendukung keaerodinamisannya.


Sumber: theVerge.com; Walmart

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply