Membuat 3D Hologram di smartphone

Dulu sekitar 10 – 15 tahun yang lalu kita selalu dibuat takjub akan film fiksi ilmiah yang menunjukkan teknologi Hologram dalam interaksinya. Nah sekarang hal tersebut bukanlah hal aneh ataupun memerlukan dana besar untuk membuat 3D hologram tersebut. Dengan modal tidak sampai Rp. 10,000 atau bahkan gratis sama sekali jika telah siap bahan-bahannya. Anda bisa membuat 3D hologram sederhana dengan bantuan smartphone yang dimiliki.

 photo spiritriau_Cara-Mudah-Menampilkan-3D-di-Smartphone_zpsetdnk7nq.jpg

Alat dan bahan yang dibutuhkan;

  1. Kertas grafik untuk menggambar pola
  2. Kotak CD bening/Transparan yang tidak terpakai
  3. Isolasi dan atau lem besi
  4. Pulpen
  5. Gunting
  6. Pisau cutter
  7. Smartphone

Cara membuat; Buat gambar segitiga dengan sumbu tumpul, digunakan sebagai cetakan pada kotak CD bekas. Kemudian jadiakan gambar tersebut sebagai mal untuk cetakan ukuran kotak CD yang akan dipotong. Ukuran mall dalam contoh berikut pas untuk smartphone dengan layar 4 inch sampai 4,5 inch. Jika mempunyai smarphone dengan layar lebih besar, ukuran mal bisa disesuaikan.

 photo hologram_zpscyrj9qrw.jpeg

Buatlah 4 buah potongan yang sama dan sebangun (kongruen) dengan menggunakan cetakan tersebut. Rekatkan ke-empat potongan tersebut kemudian gabungkan dengan menggunakan lem dan atau isolasi.

 photo Smartphone_3D_hologram_zpssgxsqlvv.jpg

Letakkan kotak persegi yang telah selesai dibuat tersebut di tengah layar smartphone, kemudian putar video 3D dari Youtube atau video milik kamu sendiri yang telah di download. Buat agak reduk pencahayaan sekitar dan see the magic happen. Contoh video 3D Hologram dari Youtube bisa dilihat disini. Untuk video hasil kreasi 3D Hologram dari tutorial ini bisa dilihat pada video berikut.

Nah mudah sekali bukan untuk membuat 3D Hologram sederhana. Sekarang kamu bisa bergaya layaknya Robert Downey Jr. dengan assisten canggih Jarvis dalam fim Iron Man.  

Referensi; holografi-wikipedia

Post Author: Andri Eko

Seorang anak manusia yang menyukai perkembangan teknologi otomotif dan gadget.

Leave a Reply