Menakjubkan! Burung Raksasa ini Terbang 175 km Tanpa Mengepakkan Sayapnya!

Burung kondor Andean, salah satu burung mampu-terbang terbesar di planet ini, rupanya mampu terbang sejauh 100 mil atau 175 km tanpa mengepakkan sayap raksasanya sekalipun. Fakta ini diungkap oleh sebuah tim peneliti dari Swansea Unversity di Inggris.

Tim peneliti melakukan penelitian mendalam dengan jalan menghubungkan kondisi lingkungan dengan usaha yang dilakukan oleh burung raksasa ini untuk terbang. Mereka memasang semacam perekam data kepada kondor Andean, sehingga setiap satu kepakan yang dilakukan burung ini akan terekam. Demikian pula dengan rute terbangnya yang secara otomatis terekam.

Andeas Condor

Penelitian ini dipublikasikan melalui Proceedings of the National Academy Sciences. Melalui jurnal terkait, kondor Andeas rata-rata hanya mengepakkan sayapnya 1% saja di setiap kesempatan terbangnya. Mayoritas, kepakan sayap tersebut dilakukan ketika take-off dan menjelang menginjak daratan.

Diketahui burung raksasa ini memang memiliki stamina yang luar biasa besar. Namun karena ukurannya juga yang sangat besar, ia harus mampu menghemat energi untuk terbang.

“Temuan kami mengungkap bahwa jumlah kepakan sayap burung tidak dipengaruhi oleh cuaca,” demikian ungkap salah satu peneliti Hannah Williams dari Max Planck Institute for Animal Behaviour. “Hal ini seperti menunjukkan bahwa keputusan untuk kapan dan dimana mendarat adalah yang terpenting, tidak hanya untuk mendukung jika condor berangkat terbang lagi, akan tetapi seakan-akan memilih tempat mendarat yang tepat sangat berpengaruh kepada keseluruhan usaha terbangnya.”

Penelitian ini tidak hanya meneliti burung kodor Andean saja, namun juga banyak burung rasasa lain. Mereka menyebut burung-burung raksasa terbang tersebut seperti “naga terbang hidup.”

Credit: CNet

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply