Menggemaskan! Cumi-cumi Imut ini Tertangkap Kamera oleh Para Ilmuwan Penjelajah Laut!

Apakah Anda mengira foto di bawah ini adalah sebuah boneka? Atau mungkin Anda mengira itu adalah jelmaan salah satu tokoh Sesame Street bernama Snuffy? Ternyata bukan keduanya! Foto tersebut adalah seekor cumi-cumi jenis khusus bernama latin Rossia pasifica, yang tertangkap oleh kamera drone bawah laut. Kendaraan selam tanpa awak tersebut digerakkan oleh kru dari Exploration Vehicle Nautilus (E/V Nautilus) yang sedang menjelajahi kehidupan bawah laut perairan California. Hewan yang nampak imut karena seperti sedang menggunakan kacamata renang besar ini tertangkap kamera sedang berdiam diri di dasar laut berkedalaman 900 meter.

Saking imutnya, kru kapal selam tanpa awak E/V Nautilus langsung mengarahkan kamera drone ke arah cumi-cumi tersebut dan merekamnya. Tak berapa lama video rekaman tersebut diunggah ke situs Youtube dan langsung mendapatkan respon menarik dari para netizen. Macam-macam komentar terlontar namun nampak kesemuanya mencerminkan kegemasan mereka kepada hewan yang dijuluki ‘cumi-cumi gemuk’ ini.


Maybe it’s actually a toy someone lost in the shore (mungkin itu memang mainan sesorang yang hilang di laut – red),” demikian komentar akun bellajuventina menanggapi video tersebut.

Lain lagi dengan akun aTranceGuy yang ‘menuduh’ para ilmuwan E/V Nautilus sedang bermain Pokemon Go di dasar laut dengan berkomentar, “they are secretly catching water Pokemon (mereka sedang sembunyi-sembunyi mencari Pokemon air – red).”

 photo 5A0C0338-59A8-46A1-BA49-6E0B805A3DC0.jpeg

Rossia pasifica hidup di perairan Samudra Pasifik sebelah utara. Penyebarannya meliputi kawasan Korea, Jepang, Laut Bering, serta sepanjang perairan barat Amerika Utara hingga California. Mereka hidup pada kedalaman 20 hingga 1.350 meter di bawah permukaan air laut. ‘Cumi-cumi gemuk’ ini mampu tumbuh hingga sepanjang 11 cm saja, dengan ukuran tubuh betina lebih besar daripada yang jantan. Mereka biasa hidup berdiam diri di dasar lautan dengan sesekali mengejar hewan lain seperti udang, kepiting kecil, udang opossum, ikan, dan bahkan cumi-cumi lainnya sebagai sumber makanan. Seperti halnya cumi-cumi lainnya, fauna ini akan mengeluarkan segumpal tinta hitam jika merasa dalam keadaan bahaya. Mollusca yang diketahui hanya memiliki usia paling lama dua tahun ini, baik jantan maupun betina akan segera mati setelah berkembang biak.

Credit: Daily Mail, Nautilus Live, Wikipedia: Rossia pasifica

Post Author: Onny

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply