Mobil pribadi bertenaga gas alam? Bukan hal yang mustahil dengan penggunaan tangki MOF ini!

Sebuah cara baru nan inovatif untuk menyimpan gas metana telah ditemukan! Cara baru ini mendorong perkembangan industri mobil bertenaga gas alam yang tidak memerlukan gas alam cair terkompresi bertekanan tinggi yang selama ini digunakan. Sejauh ini gas alam terkompresi bertekanan tinggi paling banyak digunakan oleh truk dan bus. Ada alasan kuat mengapa hanya truk dan bus yang menggunakan gas alam sebagai bahan bakarnya, yaitu belum adanya teknologi penyimpanan gas alam (metana) pada tangki kecil (yang biasa dipakai di mobil pribadi) dengan suhu dan tekanan rendah.

University of California, Berkeley (UC Berkeley) melalui para ilmuwannya telah mengembangkan sejenis material tangki berpori yang fleksibel, dijuluki sebagai Metal-Organic Framework (MOF). Material MOF ini sangat fleksibel, mampu mengembang dan menciut secara otomatis berdasarkan perubahan tekanan gas di dalamnya. Tangki berbahan MOF ini akan menciut ketika proses ekstraksi metana dilakukan (untuk menjalankan mesin) dan mengembang ketika metana diisikan ke dalam tangki. Satu hal yang perlu dicatat, untuk mengisi tangki MOF ini dengan gas metana, kita hanya memerlukan tekanan rendah dalam kisaran yang biasa dihasilkan oleh kompresor sederhana. Kesimpulannya, proses pengisian gas metana ke dalam tangki MOF dapat dilakukan di rumah kita sendiri.
 photo 2039662_Capture.png.jpeg

Tangki MOF dapat menyimpan gas metana pada tekanan 500-900 psi, sedangkan gas alam terkompresi (CNG) dapat dimuat dengan tekanan di bawah 3600 psi. Gas alam cair (LNG) dapat dimuat pada tekanan yang lebih rendah namun dengan proses isolasi yang signifikan. Proses isolasi ini diperlukan untuk mempertahankan suhu LNG di minus 162 derajat Celsius agar tetap cair.
2012 Honda Civic Natural Gas

Menurut para peneliti, tangki MOF ini adalah kemajuan besar dari segi kapasitas dan manajemen termal. Kemajuan dari segi kapasitas telah dijelaskan terkait dengan area permukaan internal tangki MOF yang mampu menyimpan gas pada tingkat kepadatan yang tinggi, sedang dari segi manajemen termal, tangki MOF tidak mudah memanas sehingga membutuhkan daya pendinginan yang lebih sedikit. Sebagai informasi, gas alam menjadi salah satu bahan bakar fosil termurah dan terbersih pada saat ini. Aplikasi tangki MOF secara luas akan memperluas penggunaan gas alam hingga pada tingkat hunian rumah tangga dan dengan sendirinya akan membantu dalam menurunkan tingkat polusi udara.

Credit: Science Daily, MOF Technologies, Wikipedia: Natural Gas

Post Author: Todo Golo

Penulis profesional di bidang sains dan teknologi.

Leave a Reply