Mungkin Inilah #WorkFromHome Paling Keren: Mengoperasikan Kendaraan Eksplorasi Mars, Dari Rumah

Masih ingatkah Anda dengan misi kendaraan tanpa awak yang sedang mengeksplorasi Planet Mars saat ini? Ya, Curiosity Mars Rover.

Robot mobil ini sejatinya masih harus dioperasikan oleh para awak dari pusat kontrol di NASA, Amerika Serikat. Namun semenjak pandemik Covid-19 semakin meluas,  dan aturan social distancing harus semakin ditaati, maka tak terkecuali para pengendali Curiosity Mars Rover pun harus juga bekerja dari rumah. Dan inilah yang terjadi: mereka mengendalikan kendaraan eksplorasi canggih tersebut dari rumah mereka masing-masing.

60BE7AB7-EAE4-47E4-8A03-B16A6C4EA3F5

Dilansir dari situs resmi NASA, para pengendali kendaraan eksplorasi tersebut sudah mulai bekerja dari rumah sejak tanggal 20 Maret 2020 lalu. Mereka sudah mengantisipasi kebutuhan bekerja dari rumah tersebut bahkan beberapa minggu sebelumnya.

Salah satu tantangan paling besar dari mengendalikan Curiosity Mars Rover ini adalah adanya kacamata 3D berteknologi tinggi yang hanya ada di Laboratorium Jet Propulsi yang ada di NASA. Kacamata 3D tersebut digunakan untuk menampilan apa yang dilihat oleh mobil Curiosity Mars, di depan, belakang, dan kanan-kiri kendaraan ini. Sehingga pengendali tak hanya bisa leluasa melajukan rover ini, mereka juga lebih mudah mengendalikan lengan robot yang ada.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, sehingga para pengendali bisa mengoperasikan kendaraan ini di laptop gaming mereka, maka mereka menurunkan kualitas gambar menjadi hanya merah-biru sehingga bisa dilihat menggunakan kacamata 3D biasa. Meskipun tidak secemerlang menggunakan kacamata 3D canggih yang ada di laboratorium mereka, namun solusi ini masih bisa mereka gunakan untuk mengendalikan Curiosity Mars Rover dari jarak 225 juta km, dari dalam kamar mereka.

Istimewa!

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply