NASA Sukses Memroduksi Oksigen di Planet Mars

Planet Mars punya atmosfer. Hanya saja komposisinya jauh berbeda dengan atmosfer Bumi. Atmosfer Mars sebagian besar tersusun oleh gas karbon dioksida. Namun jika sekalipun kandungan atmosfer Mars sama dengan atmosfer kita di Bumi, kita masih tidak mungkin bisa menghirupnya. Itu karena kepadatan atmosfer Mars yang 100 kali lebih tipis daripada atmosfer Bumi. Ini berarti, jika astronot harus dikirim ke Planet Mars, ia harus membawa oksigen untuk perjalanan berangkat, selama di Mars, dan perjalanan balik ke Bumi. Itu belum termasuk oksigen untuk kebutuhan roket pendorong.

MOXIE

Maka jika kita ingin mengirim sebuah misi antariksa menjelajahi Planet Mars dengan astronot di dalamnya, menghitung beban untuk membawa tabung super besar berisi oksigen tentu membutuhkan biaya yang super besar pula. Maka dari itu misi NASA mengirim Curiosity Rover ke Mars, salah satunya adalah untuk meneliti bagaimana cara terbaik memroduksi oksigen di planet ini.

Dilansir dari NewScientist, NASA mengkonfirmasi bahwa mereka berhasil memroduksi oksigen dari atmosfer Mars. Adalah MOXIE, kepanjangan dari Mars Oxygen In-Situ Resource Utilization Experiment, merupakan satu bagian di dalam Curiosity Rover yang didesain untuk melakukan penelitian tersebut. MOXIE berhasil memroduksi sekitar 5 gram oksigen, setara dengan kebutuhan 10 menit bernapas seorang astronot.

MOXIE menggunakan metode dengan memanaskan otmosfer Mars hingga temperatur 800°C, sehingga lepas atom oksigen di dalam karbon dioksida, untuk kemudian membentuk molekul oksigen. Hasil samping dari percobaan yang dilakukan pada 20 April 2021 lalu ini adalah karbon monoksida yang kemudian dilepas ke atmosfer Mars. “MOXIE masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi hasil dari demonstrasi teknologi ini sangat menjanjikan demi tujuan kita agar suatu hari melihat manusia di Mars,” kata Jim Reuter dari NASA dalam sebuah pernyataan.

Untuk saat ini, MOXIE memang hanya mampu menghasilkan oksigen sebanyak 10 gram tiap jam. Namun tentu di masa depan mesin generator oksigen akan lebih besar dalam memroduksi oksigen dengan memecah karbon dioksida. Dalam setahun ke depan, MOXIE akan melakukan setidaknya sembilan percobaan lagi. Tujuan utamanya adalah menguji kemampuan MOXIE dalam memroduksi oksigen di berbagai rentang waktu dan cuaca yang berubah-ubah di Mars, terutama ketika kondisi atmosfer Mars berubah.

(Credit: NewScientist)

 

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply