Nissan GripZ, design baru crossover futuristik!

Publik beberapa hari ini dikejutkan dengan beredarnya gambar siluet dari crossover terbaru milik Nissan. Beberapa spekulasi bermunculan, terutama dihubungkan dengan next generation Juke. Tidak salah memang, dikarenakan gambar siluet tersebut sekilas memiliki design serupa dengan Juke. Terlebih Juke sudah satnya diregenerasi, terlebih dengan gempuran tipe baru yang menggerogoti segmen crossover yang awalnya hanya didiami oleh Juke. Saat ini telah muncul Ford Ecosport dan Honda HR-V.


 photo Nissan-Gripz-concept_zpskqjlhm4b.jpg

Namun akhirnya terjawab sudah bersamaan dengan gelaran Frankfurt Motor Show diperkenalkanlah Nissan Gripz Concept. Dimensi dari Nissan Gripz Concept adalah 4100mm panjangnya, 1890mm lebar, dan 1500mm tinggi, dengan wheelbase 2589mm. Model yang ditampilkan sangat cantik, futuristik dan dinamis, terlebih dengan pemakaian model pintu sayap yang membuka ke atas, biasa dikenal sebagai butterfly doors. Untuk versi produksi massal kemungkinan akan disederhanakan menjadi model pintu yang lebih konvensional. GripZ ini akan dipasangkan dengan Juke sebagai crossover, jadi bukan untuk menggantikan Juke.


 photo nissangripzconceptfrankfurt-nissan-gripz-concept-6-970x546-c_zpsr8fhul7j.jpg
 


 photo nissan-gripz-concept-05-1_zpsiwnmelyk.jpg

Model Nissan GripZ terinspirasi oleh Datsun 240Z Safari Rally yang legendaris di tahun 70-an, tetapi agar lebih berkesan futuristik maka design nya digabungkan dengan Nissan 370Z atau biasa dikenal Fairlady Z. Lampu depan dan belakangnya didesain seperti Nissan 370Z yang masih beredar sekarang. Di bagian dalam lampu depannya, ada kamera yang ditanam untuk menampilkan gambar ke monitor di dalam interior.

Nissan GripZ ditenagai oleh sistem penggerak hybrid Pure Drive e-Power seperti pada Nissan Leaf yang terdiri dari mesin bensin dan motor listrik yang dapat memuntahkan tenaga sebesar 107 hp dan torsi 253 Nm. Nissan tidak membahas soal sistem penggerak GripZ, tetapi kalau namanya Gripz yang identik dengan traksi, diasumsikan bahwa mobil konsep ini berpenggerak all-wheel drive (AWD). Nissan menggambarkan bahwa GripZ sebagai mobil yang sporty, dinamis dan compact crossover untuk generasi muda.

Referensi :
Slashgear
autoblog

Post Author: Andri Eko

Seorang anak manusia yang menyukai perkembangan teknologi otomotif dan gadget.

Leave a Reply