Penemuan hebat: Kertas yang mampu menyimpan energi listrik!

Beberapa tahun belakangan ini semakin banyak penemuan di bidang penyimpanan energi. Yang terbaru adalah apa yang ditemukan oleh para ilmuwan dari Linkoping University di Swedia ini. Mereka menemukan semacam kertas super yang mampu menyimpan energi! Kertas super atau lebih tepat disebut ajaib ini terdiri dari material nanocellulose dan polimer konduktif. Selembar saja kertas super ini memiliki kapasitas penyimpanan yang sama dengan kapasitas penyimpanan kapasitor yang biasa dijual di toko-toko elektronik. Selain kapasitas penyimpanannya yang besar, kertas super ini dapat diisi ulang hingga ratusan kali dan setiap proses charge hanya memakan waktu beberapa detik saja!

Ini adalah salah satu produk impian di tengah-tengah “demam” energi terbarukan yang tentunya membutuhkan berbagai metode baru penyimpanan energi. Kebanyakan sumber energi terbarukan selama ini tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal terkait dengan keterbatasan metode penyimpanan energi. Film tipis yang berfungsi sebagai kapasitor sebenarnya sudah dikenal sejak lama, dan para ilmuwan Swedia ini mencoba membuat material film tiga dimensi (lebih tebal). Material dengan ketebalan tertentu dipandang lebih aplikatif dalam kehidupan sehari-hari.

151203111337_1_540x360 [2039]

Kertas eksperimen ini tampak seperti kertas plastik yang dapat ditekuk dengan leluasa tanpa merusak strukturnya. Struktur utamanya adalah material yang disebut nanocellulose, semacam serat minim. Serat nanocellulose memiliki diameter 20 nm. Para ilmuwan melapisi serat di dalam sebuah larutan polimer yang telah diisi arus listrik (electrically charged polymer). Menurut Jesper Edberg, salah seorang ilmuwan yang terlibat, polimer yang melapisi kertas tersusun saling tindih-menindih dan larutan diantara lapisan polimer bertindak sebagai elektrolit. Kertas yang telah dilapisi polimer dan dikombinasikan dengan larutan ini akan mampu mentransfer ion dan elektron secara simultan (yang menjelaskan fungsinya sebagai penyimpan daya listrik).

Tidak seperti baterai dan kapasitor biasa, kertas eksperimen ini diproduksi hanya dari dua material sederhana; nanocellulose dan polimer yang dapat diperoleh dengan mudah. Sesuai namanya, kertas ini sangat ringan dan hebatnya tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan unsur logam berat. Untuk diketahui, kertas ini telah memecahkan 4 rekor dunia sebagai berikut:

  1. Highest charge and capacitance in organic electronics, 1 C and 2 F (Coulomb and Farad).
  2. Highest measured current in an organic conductor, 1 A (Ampere).
  3. Highest capacity to simultaneously conduct ions and electrons.
  4. Highest transconductance in a transistor, 1 S (Siemens).

Hal ini adalah sebuah langkah hebat dalam hal teknologi penyimpanan energi. Dengan kemajuan teknologi tersebut maka usaha manusia untuk memanfaatkan sumber energi terbarukan akan lebih mudah.

Credit: Science DailyWikipedia: Nanocellulose

Post Author: Todo Golo

Penulis profesional di bidang sains dan teknologi.

Leave a Reply