Pengiklan dibatasi: inilah 9 perubahan radikal Facebook di awal 2018!

Apakah Anda salah satu pemasang iklan di Facebook? Anda harus bersiap! Lebih dari bersiap karena Facebook merubah kebijakan algoritma ‘News Feed’ mereka yang legendaris. Dengan algoritma baru ini, pengguna Facebook akan lebih didekatkan lagi dengan konten-konten asal keluarga dan teman mereka. Konten-konten asal Fanpage, Facebook Group, hingga pengiklan, akan dibatasi lebih radikal. Dan inilah 9 hal yang wajib Anda ketahui mengenai masalah ini, seperti yang kami kutip dari lama Inc.:

  1. Pembedaan scoring antara konten dari teman/saudara dengan merk-merk serta Fanpage

    Facebook menentukan status update yang Anda lihat dan dalam urutan apa mereka muncul dalam feed berita Anda, dengan menghitung nilai nilai peringkat untuk setiap update status.

    Saat ini, algoritma ini mengoptimalkan waktu yang dihabiskan seseorang dan melihat metrik keterlibatan lainnya seperti klik “suka”, komentar, dan jumlah berbagi dari pos. Pada dasarnya, Facebook ingin Anda terpaku pada Facebook sebanyak mungkin.

    Ke depan, pembobotan itu semua dalam algoritma news feed akan berubah drastis. Pos dari keluarga dan teman akan jauh lebih menonjol, dan posting dari halaman penerbit akan ditekan, sebanyak 5x!

  2. Mark Zuckerberg melakukan hal ini demi menyelamatkan Facebook

    Awal tahun 2018 ini, Zuckerberg mengakui kerusakan yang dialami komunitas Facebook di dunia, dengan mengatakan bahwa “Facebook memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan,” dan telah memperbaiki tantangan pribadinya untuk tahun 2018.

  3. Efek dari post-engagement ternyata sangat buruk!

    Ada pihak-pihak yang mengatakan bahwa perubahan ini bukan masalah besar, karena jangkauan posting organik telah menurun selama bertahun-tahun sekarang.

    Kami memperkirakan bahwa saat ini, jangkauan halaman rata-rata per pos kira-kira 2 hingga 5 persen – yang berarti bahwa jika 100 orang memilih untuk “menyukai” halaman Anda, hanya dua sampai lima dari mereka cenderung membuka dan membaca salah satu posting Anda.

    Tapi Zuckerberg mengatakan bahwa pos penerbit secara keseluruhan masih memperhitungkan hal tersebut. Sehingga mereka menerbitkan lebih konten-konten baru lagi via Facebook. Bayangkan jika dalam satu hari, sebuah merk meng-update status hingga 100, atau bahkan 1000 kali. Meski pencapaian pos individual rendah, keseluruhan Facebook tetap menghasilkan jumlah eksposur yang sangat besar untuk merek.

    Kebijakan terbaru yang dibuat oleh Zuckerberg yang mengatakan bahwa Facebook ingin lebih banyak mendapatkan kabar terbaru dari teman-teman, maka diperkirakan akan terjadi penurunan dalam jumlah page reach, klik, suka, dan post-engagement hingga 80%!

  4. Waktu bermain Facebook akan menurun drastis

    Zuckerberg mengatakan bahwa “dengan membuat perubahan ini, saya mengharapkan waktu yang dihabiskan orang di Facebook dan hal-hal berkaitan dengan keterikatan (post-engagement akan turun.”

  5. Harga memasang iklan di Facebook akan melambung tinggi

    Zuckerberg menambahkan, “Tapi saya juga berharap waktu yang Anda habiskan di Facebook akan lebih berharga.” Tentu ini tidak hanya bagi para pengguna Facebook, tapi juga pengiklan.

    Dengan semakin berkualitasnya konten-konten Facebook, maka siapapun yang akan memasang iklan di dalamnya diperkirakan harus membayar lebih mahal daripada sebelumnya. Inc. memperkirakan harga memasang iklan di Facebook akan mengalami kenaikan hingga 41%.

  6. Facebook mengakui bahwa menghabiskan waktu melihat-lihat video dan berita di Facebook itu buruk bagi kesehatan Anda.

    Terkejut?! Namun inilah kenyataannya! Zuckerberg menjelaskan bahwa News Feed buruk bagi otak Anda, “Kami merasa bertanggung jawab untuk memastikan layanan kami tidak hanya menyenangkan untuk digunakan, tapi juga bagus untuk kesejahteraan orang. Jadi, kami telah mempelajari tren ini dengan hati-hati dengan melihat penelitian akademis dan melakukan penelitian kami sendiri dengan para ahli terkemuka di universitas.”

    Penelitian menunjukkan bahwa ketika kita menggunakan media sosial untuk terhubung dengan orang yang kita sayangi, itu bisa baik untuk kesejahteraan kita. Kita bisa merasa lebih terhubung dan terhindar dari kesepian, dan itu berkorelasi dengan ukuran jangka panjang kebahagiaan dan kesehatan. Di sisi lain, secara pasif membaca artikel atau menonton video – bahkan yang menghibur atau informatif – tidak sebaik berinteraksi dengan saudara dan teman jauh.

  7. Penerbit yang menggunakan iming-iming untuk mengikat pengguna Facebook, akan dihukum!

    Banyak pengiklan menarik pengguna untuk terlibat dengan konten mereka dengan penawaran yang menjanjikan kode kupon atau insentif lainnya untuk menyukai pos penayang, sebagai cara untuk membuat keterlibatan buatan. Ke depan, Facebook mengatakan, taktik ini akan mengakibatkan penurunan peringkat dari pos terkait.

  8. Diskusi yang berarti di antara teman-teman, adalah paling penting!

    Facebook mengatakan bahwa “menyukai” sebuah pos hanyalah aktivitas pasif dan karena itu merupakan sinyal yang kurang berarti untuk digunakan sebagai poin dalam pemeringkatan sebuah posting. Facebook bermaksud memprioritaskan pos berdasarkan seberapa banyak diskusi yang terjadi. Misalnya, posting yang paling banyak mendapat tanggapan dan komentar dari teman-teman, akan bertahan lebih lama di News Feed Anda.

  9. Pengguna masih dapat memilih untuk melihat posting dari halaman yang mereka ikuti di bagian atas News Feed.

    Pengguna yang ingin melihat lebih banyak pos dari halaman Fanpage yang mereka ikuti atau membantu memastikan mereka melihat posting dari halaman tertentu, masih dapat menggunakan fitur “See First” dalam Preferensi Feed Berita (News Feed Preferences).

Credit: Inc.

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply