Penyakit yang diakibatkan Virus Corona kini memiliki nama resmi: COVID-19

Dilansir dari akun Twitter resmi milik Badan Kesehatan Dunia WHO, kini penyakit yang diakibatkan oleh virus corona telah memiliki nama: COVID-19. Mereka mengejanya dengan C-O-V-I-D hyphen one nine. Pemberian nama ini sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh WHO yang tidak boleh berkaitan dengan lokasi geografis, nama hewan, serta nama individu atau kelompok tertentu.

“Memiliki nama penting untuk mencegah penggunaan nama lain yang bisa tidak akurat atau menstigmatisasi. Ini juga memberi kita format standar untuk digunakan menamai wabah virus corona di masa depan,” demikian ungkap Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur WHO.

coronavirus

Hingga saat ini sudah tercatat 42.708 kasus COVID-19 diketahui di negara Cina saja. Tragisnya lagi, sudah ada lebih dari 1000 orang tewas karena penyakit tersebut. Tepatnya sudah ada 1017 orang. Sedangkan di luar Cina, tercatat ada 393 kasus di 24 negara, dengan 1 korban tewas.

Masih dilansir dari akun Twitter WHO, hingga saat ini mereka masih melakukan pertemuan baik secara offline maupun online dengan lebih dari 400 ilmuwan dari seluruh dunia. Pertemuan tersebut tentu bertujuan untuk merumuskan langkah-langkah jitu mengatasi wabah COVID-19. Vaksinasi dan terapi memang bisa menjadi solusi, tapi itu hanya sebagian kecil dari agenda penelitian, WHO menginginkan langkah yang lebih jitu untuk mencegah penyebaran virus terkait di berbagai negara.

Credit: twitter.com/WHO

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply