Perhatikan material aneh ini! Imut, pink, berongga seperti spons, tapi kekuatannya 10 kali lipat dari baja!

Jika kita berbicara mengenai bagaimana sebuah material kuat seharusnya, maka mungkin di dalam benak kita adalah sebuah material yang padat, berat, dan keras seperti baja. Kalaupun material kuat tersebut ringan mungkin kita juga akan teringat kepada material komposit karbon fiber. Namun bagaimana jika kini ada sebuah material super kuat yang sepuluh kali lebih kuat dari baja, namun hanya memiliki bobot hanya seperempatnya karbon fiber atau bahkan hanya 5% dari sebuah logam baja?

Adalah para ilmuwan dari MIT yang kembali berhasil membuat sebuah material baru tersebut. Mereka membuatnya dari material dasar graphene yang memang kita kenal sebagai material terkuat yang ada saat ini. Serpihan-serpihan graphene mereka olah menggunakan printer 3-dimensi sehingga menjadi sebentuk spons yang mirip dengan bentuk batu karang koral. Dengan desain bentuk berongga inilah para ilmuwan berhasil membuat material ini 20 kali lebih ringan dari baja.


“Apa yang telah kami lakukan adalah mewujudkan transformasi material 2D ini menjadi struktur 3-dimensi,” demikian ungkap Markus Buehler dilansir dari CNet. Buehler adalah kepala Department of Civil and Environmental Engineering MIT sekaligus menjadi salah satu penulis jurnal ilmiah penelitian terkait yang dirilis di Science Advances. 

Resep utama inovasi ini bukan semata-mata terletak dari digunakannya salah satu material terkuat di Bumi yakni graphene. Justru inovasi sebenarnya terletak lebih kepada desain struktur yang unik dan kuat. Bahkan Buehler menambahkan “Anda dapat mengganti jenis material dengan apapun juga. Geometri menjadi faktor dominan. Ini memiliki potensi untuk ditransfer ke banyak hal.”

 photo 3D4CEC5F-E678-4405-98C1-86C7E900BC1D.jpg
Desain struktur 3-dimensi graphene

Buehler juga menyarankan untuk mengaplikasikan geometri ini ke logam atau komposit polimer lain. Seperti mungkin dapat digunakan pada struktur bangunan jembatan sehingga dapat membuatnya kebih ringan, namun sekaligus memiliki efek insulasi yang lebih baik pula.

Maka suatu saat nanti, bisa saja sebuah jembatan yang didesain memikiki warna seperti mainan lucu sejenis akan menjamur di dunia ini dan justru memiliki kekuatan yang setara dengan jembatan konvensional. Untuk membuktikan seberapa kuat material imut ini, mari kita simak sebuah video demo berikut ini.

Credit: CNet, Science Advances

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply