Perkenalkan Eelume, robot ular bawah laut serbaguna!

Perkenalkan Eelume, robot ular yang dirancang untuk eksplorasi, pemeriksaan, dan perbaikan bawah laut! Kita, manusia, tidak dirancang untuk bertahan lama di bawah air kecuali dengan seperangkat bantuan pernapasan. Oleh karena itu para ilmuwan dari Norwegian University bekerjasama dengan Kongsberg Maritime (sebuah perusahaan maritim yang berperan dalam pencarian monster Lochness), dan Statoil, perusahaan minyak Norwegia, menciptakan sebuah robot yang dirancang mampu bertahan lama di bawah permukaan air sembari melakukan beberapa pekerjaan rumit.

image

Robot ular ini dirancang secara khusus untuk melakukan inspeksi dan reparasi bawah laut. Robot ini dianggap sebagai satu solusi untuk menekan biaya operasional untuk inspeksi bawah laut yang selama ini dilakukan oleh kapal selam mini. Kapal selam mini biasa digunakan untuk inspeksi bawah laut namun sayangnya tidak terlalu efektif karena tidak dapat menjangkau beberapa sudut sempit. Sedangkan Eelume mampu meliuk-liuk dan menyusup ke berbagai sudut sempit untuk melakukan inspeksi dan reparasi bawah laut.

Eelume sangat fleksibel dan mampu menjalankan beberapa tugas sederhana, seperti inspeksi katup, perbaikan sederhana, dan pemeliharaan rutin terhadap berbagai komponen di bawah permukaan laut. Robot ini menggunakan sistem propulsi mandiri yang memungkinkannya untuk berenang seperti ular laut sungguhan!

Sejauh ini para desainer belum terlalu mengungkapkan tentang teknologi yang diterapkan pada Eelume namun yang jelas, robot ini benar-benar menghilangkan kebutuhan terhadap kabel pengendali. Ingin mengenal Eelume secara lebih mendalam? Yuk simak video di bawah ini!

Credit: Gizmodo

Post Author: Todo Golo

Penulis profesional di bidang sains dan teknologi.

Leave a Reply