Perkenalkan RoBoHon, smartphone berbentuk robot pertama di dunia!

Apakah Anda suka melihat film Doraemoan saat masa kecil dulu? Pasti Anda selalu takjub dengan alat-alat canggih yang keluar dari kantong ajaib Doraemon. Nah saat ini ketika sebuah smartphone telah menjadi mainan dan teman yang selalu dekat bahkan ga pernah lepas dari genggaman kita, bagaimana jika smartphone kita berbentuk seperti robot lengkap dengan kecanggihan dan fitur smartphone?

 photo robohon-2_zpsrw1sipz3.jpg
 

Sharp mencoba merealisasikan hal tersebut dengan membuat RoBoHon. RoBoHon adalah sebuah smartphone unik berbentuk robot mungil yang bisa dipakai untuk telefon, kirim pesan, email, memfoto, proyektor mini, dan fitur menarik lainnya. Bahkan dia dibekali oleh pengenalan perintah suara, mengenali wajah seseorang (face recognition), hingga bisa diajak berjalan dan joget.

 photo Tangkapan layar 2015-10-07 14.32.04_zpslyoxcp8m.png
 photo Tangkapan layar 2015-10-07 14.32.11_zpsnkg4iaj1.png
 

Berikut adalah spesifikasi RoBoHon:

  • Tinggi: 19,5 cm
  • Berat: 390 gram
  • Network: 3G/LTE/Wi-Fi (802.11b/g/n)
  • CPU: MSN 8926 1,2 GHz (Quad Core)
  • Layar: 2,0 inch (QVGA)

 

Memang spesifikasi teknis RoBoHon masih minim diungkap ke publik, dan OS yang dipakai juga masih belum dijelaskan lebih lanjut. Rentang harga dan ketersediannya juga belum dipastikan oleh Sharp. Tetapi ini merupakan sebuah konsep yang menarik, terlebih di era saat ini yang hampir semua smartphone bentuknya monoton dengan kotak datar serta layar dan layar lagi.

 photo Tangkapan layar 2015-10-07 14.31.28_zpsza3e5tia.png
 photo Tangkapan layar 2015-10-07 14.31.39_zpskmg5oxmf.png
 

Sejauh ini konsep smartphone RoBoHon dianggap kurang mobile jika dilihat dari sisi mobilitasnya, karena dipastikan akan memerlukan tempat khusus. Kita tidak bisa mengantongi atau memasukkannya ke saku baju. Tetapi, anggap saja kita sebagai seorang pelajar atau pegawai yang membawa RoBoHon ke sekolah atau ke kantor, tentu kita akan menjadi pusat perhatian.
 

 

Credit: RoBoHon

Post Author: Andri Eko

Seorang anak manusia yang menyukai perkembangan teknologi otomotif dan gadget.

Leave a Reply