Perkenalkan USS Zumwalt, kapal perang paling futuristik yang pernah dibuat!

Berita baru di bidang teknologi militer, USS Zumwalt, kapal perusak futuristik terbaru Angkatan Laut Amerika Serikat telah memulai pelayaran pertamanya dengan menyusuri Sungai Kennebec di Maine menuju Samudera Atlantik. Ini adalah rute utama dari Bath Iron Works, galangan kapal militer terbesar di Amerika Serikat, menuju samudera. Kapal perusak ini memiliki panjang 610 kaki atau sekitar 200 meter dengan berat kurang lebih 15 ribu ton dalam keadaan kosong. Apa yang unik dari kapal ini adalah bentuk lambungnya yang seperti piramida. Bentuk lambung piramida ini memang dibuat dengan tujuan agar kapal ini lebih sulit dideteksi melalui radar.

Alokasi dana untuk pembuatan kapal ini mencapai 4 miliar dolar Amerika Serikat dan merupakan kapal pertama dari tiga kapal serupa yang direncanakan akan memperkuat Angkatan Laut Amerika Serikat. Penamaan kapal ini diberikan untuk menghargai Admiral Elmo Zumwalt, komandan operasi Angkatan Laut Amerika Serikat sewaktu Perang Vietnam. Kapal ini ditenagai dengan turbin gas yang disinkronkan dengan sistem elektrik terbaru yang mampu memberi daya pada senjata elektromagnetik yang selama ini belum pernah digunakan oleh angkatan laut manapun. Baling-baling kapal ditenagai oleh tenaga listrik melalui proses elektromagnetik membuat kapal lebih menghemat energi.

 photo B0B5D798-D0C2-49EF-8827-675FD7E961D7.jpg

Pada awalnya produksi sekelas Zumwalt direncanakan sebanyak 32 kapal, namun seiring dengan pembengkakan biaya produksi maka produksi Kapal jenis ini menyusut hingga hanya 3 kapal, termasuk USS Zumwalt ini. Dua kapal sekelas lainnya akan dinamai USS Michael Monsoor (diambil dari nama seorang prajurit Navy SEAL yang tewas di Irak) dan USS Lyndon B. Johnson (presiden AS ke-36).

image

USS Zumwalt dilengkapi dengan senjata paling futuristik yang pernah dibuat, yaitu sebuah senjata elektromagnetik yang sedang dikembangkan oleh Office of Naval Research. Senjata elektromagnetik ini menggunakan pulsa elektromagnetik untuk meluncurkan proyektil peluru hingga kecepatan 7 kali kecepatan suara dengan rentang 110 mil! Tidak hanya itu, kapal perang futuristik ini juga dilengkapi dengan dua senjata kaliber 150mm dan beberapa senjata kaliber 30mm. Ini semua diluar sistem senjata utama USS Zumwalt yang terdiri dari 20 peluncur misil yang masing-masing memiliki kapasitas peluncuran 4 misil.

Nampaknya era perang laut modern akan segera tiba dan USS Zumwalt adalah pionernya!

Credit: Washington Post, Wikipedia: Zumwalt-Class Destroyer.
 

Post Author: Todo Golo

Penulis profesional di bidang sains dan teknologi.

Leave a Reply