Perkenalkan Wordsmith: Robot Jurnalis Pertama yang Dirilis untuk Publik

Sebagai seorang penulis, produktifitas menjadi tuntutan wajib untuk selalu dijaga. Tak heran jika ada penulis –termasuk saya juga– yang mempekerjakan penulis lain agar dapat menjaga ritme atas apa yang mereka kerjakan. Bahkan diketahui banyak situs-situs besar yang tidak cukup dengan hanya mempekerjakan para jurnalis. Sebut saja Yahoo!, Associated Press, hingga Samsung, mereka bahkan menggunakan robot jurnalis untuk mengolah data-data yang mereka miliki dan mengubahnya menjadi sebuah artikel menarik.
IMG_4572

Adalah Wordsmith, sebuah perangkat lunak besutan Automated Insights yang selama ini telah digunakan oleh berbagai perusahaan besar untuk meng-auto-generate artikel dengan data-data berat. Artikel yang dimaksud yakni seperti data pertumbuhan ekonomi quarteral, olahraga kampus, atau perubahan harga aset bergerak. Berita baiknya adalah, mulai hari ini Wordsmith versi beta sudah dapat diakses oleh khalayak umum. Dengan hanya melakukan proses sign up ke situs Automated Insights, Anda dapat mencoba “robot jurnalis” canggih ini.
 photo Wordsmith.jpg

Wordsmith didesain untuk secara otomatis menghasilkan laporan dengan bahasa natural berdasarkan data yang telah dimasukkan ke dalamnya. Kita hanya perlu mengunggah data dalam format CSV, menulis struktur dasarnya, mengatur kata kunci sesuai dengan variabel yang ada, mengatur bahasa logic, dan akan kita dapatkan beberapa bentuk narasi yang dapat kita pilih.
 photo How_Wordsmith_Works.0.png

Satu fitur menarik dari Wordsmith adalah kemampuannya untuk memilih kata dari perbendaharaan yang telah kita atur sebelumnya. Semisal kapan ia menggunakan kata besar, sangat besar, atau extra-ordinary besar pada data dengan angka-angka tertentu. Memang terlihat rumit diawal penggunaannya, akan tetapi produktifitas ke depan akan sangat baik. Sebagai informasi saja, dengan menggunakan Wordsmith versinya, Associated Press telah membuat 3000 laporan ekonomi di setiap quartal.
 photo wordsmith.0.gif

“Sejauh ini hanya ada sedikit inovasi dibidang komunikasi menulis, dan Wordsmith melahirkan cara baru menulis menggunakan data,” paling tidak itulah yang diungkapkan oleh Robbie Allen, CEO dan pendiri Automated Insights. Tentu hal ini menjadi jaminan akan semakin derasnya informasi data-data penting yang berkualitas. Ekonom dan pelaku industri tentu juga terbantu akan hal tersebut. Terlebih para jurnalis pengolah data, yang pasti akan semakin produktif dengan dibukanya platform Wordsmith ke khalayak umum.

Credit: The Verge, Automated Insights.

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply